HARIANACEH.co.id — Kita kerap mendengar jika rokok adalah salah satu cara bunuh diri paling legal di dunia ini. Satu isapan rokok merupakan investasi kematian yang akan datang perlahan-lahan tanpa kita sadari. Semua orang sadar, bahkan sejak sekolah guru telah mengajarkan jika merokok sama halnya memasukkan zat berbahaya ke dalam tubuh, terutama paru-paru. Merokok selama bertahun-tahun akan membuat paru-paru terkena racun, jika sudah parah kanker akan muncul tanpa bisa kita bendung lagi.

Hal lain yang lagi-lagi kerap kita dengar adalah bahaya rokok juga mengincar orang di sekitar anda. Kita sering menyebutnya perokok pasif. Asap-asap yang keluar dari rokok dan embusan napas anda akan terhirup oleh orang tercinta anda, secara langsung, tanpa ada saringannya. Berada di sekitar perokok aktif akan membuat orang sehat jadi sakit, dan orang yang sakit bisa meregang nyawanya.

Baca Juga:  Ternyata Jerawat dapat Bikin Anda Awet Muda

Namun permasalahan rokok tak sesederhana mematik korek hingga keluar api. Permasalahan rokok sudah menyebar di berbagai sektor yang akan alot untuk diselesaikan. Hal pertama adalah masalah kecanduan, orang yang merokok selama bertahun-tahun tidak akan serta-merta akan berhenti merokok, mereka akan mengalami kesulitan, bahkan akan membuat mereka kehilangan produktivitas kerja akibat selalu gelisah. Orang seperti ini akan berhenti merokok jika telah mengalami kejadian tidak menyenangkan.

Kedua adalah masalah cukai. Kita sudah sangat tahu dan mahfum jika cukai rokok adalah penyumbang uang negara yang bisa mencapai angka puluhan triliun rupiah. Fantastis bukan? Lalu coba bayangkan jika semua pabrik rokok ditutup. Sudah? Jika pabrik ditutup maka negara akan rugi triliun rupiah setiap tahun. Efek domino lainnya adalah ada ribuan atau bahkan puluhan ribu buruk pabrik rokok yang di-PHK.

Baca Juga:  Ditemukan Lagi Apel Berbakteri di Serang

Permasalahan rokok sudah seperti pisau bermuka dua. Sisa mana saja yang kita genggam akan membuat kita terluka. Untuk itulah beberapa orang membuat sebuah video iklan anti rokok yang unik. Tak hanya iklan yang menyuruh jangan merokok, namun juga berisi pesan moral yang disajikan degan cara yang unik. Terpenting lagi, iklan tidak terkesan menggurui, namun langsung memberikan ilustrasi. Seperti iklan anti rokok di bawah ini.

loading...