ISLAM

70 Ribu Muslim Inggris Shalat Idul Fitri di Birmingham

HARIANACEH.co.id — Muslim di seluruh dunia telah berkumpul untuk merayakan hari besar Islam yang menandai akhir bulan Ramadhan, bulan suci puasa. Demikian hal dengan Muslim di Inggris. Hingga 70.000 Muslim berkumpul di Small Heath Park di Birmingham pada Jum’at (17/7/2015) untuk melaksanakan shalat Idul Fitri secara berjama’ah, sebagaimana dilansir oleh Daily Mail.

Pelaksaanaan ibadah salat Id di taman kota ini dimulai sejak tiga tahun lalu. Masjid Green Lane dan Pusat Komunitas Islam yang pertama kali menjadi tuan rumah pelaksanaan Shalat Idul Fitri pada tahun 2012 di mana lebih dari 12.000 orang hadir, dan sejak itu jumlah jama’ah semakin meningkat setiap tahun.

Amer Ijaz, manajer dari Masjid Green Lane, mengatakan bahwa persiapan untuk acara besar itu telah dalam perencanaan selama enam bulan terakhir.

Ribuan meter terpal plastik untuk alas sajadah digelar membentuk barisan saf yang menutupi hamparan rumput hijau di taman kota ini. Kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan, dimana kendaraan terlihat memadati jalan sepanjang 6,5 km itu. Ribuan keluarga terlihat berjalan kaki menuju taman ini, sebagaimana dilansir oleh The Independent.

“Ini adalah hari yang indah, ada perasaan yang besar untuk bersatu di sini,” kata Ramiz Haq Said, seorang instruktur mengemudi, (31), yang datang dari Stirchley bersama dengan keluarganya untuk salat Idul Fitri bersama di taman ini.

Ketika shalat Idul Fitri pertama kali digelar pada tahun 2012, hanya ada beberapa ribu orang yang hadir. Tahun lalu, shalat Idul Fitri dihadiri oleh sekitar 40.000, dan tahun ini jumlah jama’ah mengalami peningkatan yang sangat besar.

“Ini semakin banyak,” kata Haq, yang cukup cerdik untuk datang lebih awal agar bisa mendapatkan saf di depan.

“Rasanya seperti seluruh masyarakat keluar sekarang untuk shalat dan merayakan Idul Fitri bersama-sama.”

Terjadi kemacetan lalu lintas pada satu titik, dimana hal ini menunjukkan bahwa jama’ah yang hadir bukan hanya warga lokal saja. Husna Khan, (21), melakukan perjalanan dari Sheffield untuk melaksanakan shalat Idul Fitri dan juga sekaligus untuk bertemu dengan teman-temannya.

“Idul Fitri adalah alasan bagus untuk berkumpul bersama,” ungkapnya.

TERPOPULER

To Top