HARIANACEH.co.id — Kita sudah banyak tahu tentang tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, selain kemunculan Dajjal dan Nabi Isa AS, pada suatu saat nanti juga akan datang seseorang yang akan menghancurkan Ka’bah.

Siapakah orang tersebut? Seperti yang terdapat dalam banyak hadits, orang tersebut dikatakan bernama Dzussuwaiqatain. Dzussuwaiqatain adalah nama sebuah gelar yang artinya Si Pemilik Dua Betis yang Kecil.

Dzussuwaiqatain akan muncul setelah Nabi Isa dan pasukannya membinasakan Ya’juj dan Ma’juj. Mengetahui Ka’bah akan dihancurkan, Nabi Isa mengirim pasukannya untuk memerangi balatentara Dzussuwaiqatain. Mereka berkekuatan antara 700 sampai 800 orang. Namun ketika mereka berjalan, Allah mengirimkan angin sejuk dari arah negeri Yaman. Angin itu mencabut nyawa setiap orang yang beriman. Dan sisanya tinggal manusia-manusia jahat.

Baca Juga:  Hindarilah Perbuatan Sepele ini Saat Shalat Jumat

Jika Ka’bah dihancurkan, maka pada saat itu hari Kiamat sudah sangat dekat. Banyak hadits yang berkaitan tentang kedatangan dari Dzussuwaiqatain tersebut diantaranya,

Imam Ahmad meriwayatkan dalam musnadnya dari Abdullah ibn Umar bahwa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Dzussuwaiqatain dari Habasyah akan menghancurkan Ka’bah, pengikutnya akan merampasnya, dan menganggalkan kain kiswahnya. Seakan-akan saya melihatnya botak dan ditinggalkan.”

Kemudian dalam Shahih Bukhari dan Musnad Ahmad diriwayatkan dari Ibn Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seakan-akan saya melihat Ka’bah sedang diturunkan batu demi batu.”

Dalam Shahih Muslim diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dzussuwaiqatain dari Habasyah akan menghancurkan Ka’bah.”

Imam Ahmad meriwayatkan pula bahwa Ibnu Abbas mengabarkan kepada perawi hadist ini, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Seakan-akan aku melihatnya, orangnya hitam, dengan congkaknya dia merobohkannya (Ka’bah) batu demi batu”.

Baca Juga:  Selain Iblis, Inilah 2 Penyebab Maraknya Kesesatan di Dunia

Wallahu a’lam bish-shawab. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita semua.