HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Diperkirakan Rupiah Bergerak di Rp13.200/USD Pekan Ini

2

HARIANACEH.co.id – Hingga penutupan pekan ini, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS atau USD diperkirakan masih akan bergerak di level Rp13.200-Rp13.300 per USD. Hal itu disebabkan karena keadaan ekonomi dunia sehingga pelaku pasar (investor) cenderung menggunakan USD dalam melakukan transaksinya.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada, seperti dikutip Metrotvnews.com, di Jakarta, Senin (20/7/2015). “Kalau rupiah dilihat dari sentimen global itu masih akan bergerak di Rp13.200-Rp13.300 per USD sampai akhir pekan ini. Itu juga kalau tidak menembus batas supportRp13.200 per USD. Mungkin juga bisa tembus Rp13.350 per USD,” ujarnya.

Menurutnya, ekonomi dunia yang belum membaik membuat banyak orang menggunakan USD dalam tiap transaksinya. Bahkan, tidak adanya sentimen positif yang signifikan membuat rupiah sulit untuk kembali menguat.

“Global belum membaik. Orang banyak gunakan USD. Jadi USD menguat. Ditambah dalam negeri tidak ada sentimen positif. Hal itu akan menahan rupiah kembali untuk menguat,” jelas dia.

Tak dipungkiri pergerakan nilai tukar rupiah pada saat ini sangat sulit kembali di bawah level Rp13.000 per USD. Namun, Reza berharap agar laju rupiah bisa bergerak secara stabil dan tidak bergerak secara tidak wajar, baik kadang menguat maupun kadang melemah.

Menurutnya, ketika rupiah bergerak tidak wajar maka banyak yang akan terganggu. Salah satunya kinerja pengusaha dan emiten. Sebab, perusahaan atau emiten dalam menentukan biaya produksi haruslah melihat gerak rupiah. Jika bergejolak maka perusahaan bakal mengubah rencana bisnis yang sudah dibuat pada awal tahun.

“Gerak rupiah tidak stabil maka akan sulitkan pelaku pasar. Pasti mereka ubah skenario yang sudah ditetapkan. Jadi yang diharapkan stabil. Jdi bisa hitung rencana bisnis yang sudah ditetapkan pada awal tahun. Jangan bergerak liar,” harap Reza.

Sampai akhir tahun ini, rupiah yang akan menyentuh level Rp13.500 per USD sudah sangat baik dengan besaran rentang gerak Rp12.900-Rp13.500 per USD. “Sudah sulit mencapai di level Rp12.000 per USD,” tutup dia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time