HARIANACEH.co.id — Seorang pekerja pabrik asal China bernama Zhou mengalami kecelakaan yang membuat tangannya terpotong mesin pemotong. Ia segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Di rumah sakit, sang dokter mencangkok tangannya yang terpotong ke betisnya!

Membaca hal tersebut akan cukup ngeri bagi mereka yang tidak mengerti. Tapi ternyata, hal ini dilakukan tim dokter agar tangan tersebut tetap bisa hidup sementara syaraf dan tendon pergelangan tangannya mengalami pemulihan. Ajaibnya lagi, setelah satu bulan, setelah syaraf dan tendon pada lengan sudah mulai sembuh, tangan tersebut kemudian kembali dipasang di tempat yang seharusnya dan ia bisa kembali menggerakkannya!

Baca Juga:  Mahasiswa India Ditolak Magang di Jerman karena Banyak Perkosaan
Operasi Mencangkok Tangan di Betis
Operasi Mencangkok Tangan di Betis. (Dailymail)

Seperti yang dilansir dari Dailymail, operasi langka ini dilakukan di rumah sakit Changsa, provinsi Hunan di China tengah. Saat Zhou dibawa ke rumah sakit, tangannya sudah terpotong. Dokter Tang Juyu yang menanganinya memutuskan bahwa ia ingin mengembalikan tangan Zhou yang hilang, maka dilakukanlah prosedur operasi ini. Ia dan timnya sudah pernah melakukan operasi yang serupa pada tahun 2013 dan berhasil.

Lengan Zhou dan tangan yang terputus tersebut sama-sama terluka hebat. Akibatnya dokter tidak bisa langsung menyambungnya begitu saja. Akhirnya dokter memutuskan untuk memberi waktu untuk lengan dan tangan yang terputus tersebut agar sembuh terlebih dulu. Itulah mengapa ia mencangkok tangan Zhou di betis kanannya.

Dokter Tang mengungkapkan bahwa dalam suhu normal, jari yang putus punya waktu 10 jam untuk mengembalikan suplai darah, tapi untuk lengan akan butuh waktu yang jauh lebih pendek. Jika lengan tersebut kekurangan darah terlalu lama, maka jaringannya akan mati dan tidak bisa diselamatkan lagi. Itulah mengapa dokter Tang menjaga agar tangannya tetap hidup dengan menyambungnya di kaki dalam kurun waktu satu bulan lebih.

Baca Juga:  Korsel Dibombardir Korut dengan Tisu Toilet Bekas

Tangan Zhou kini sudah berhasil disambung kembali ke lengannya dalam operasi selama 10 jam. Ia sekarang juga bisa menggerakkan jari-jarinya sedikit. Meski begitu, ia akan butuh proses rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tangannya secara penuh.

Wah, sungguh menakjubkan usaha dokter ini untuk menyelamatkan pasiennya, ya!