HARIANACEH.co.id — Kesempatan berangkat umrah ke tanah suci akan diterima oleh para penghafal Alquran di Aceh Tengah. Hal tersebut diungkapkan Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, ketika membuka Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kecamatan di Kebayakan, Aceh Tengah, Selasa (21/7/2015).

Kriteria yang berikan umrah dibagi dua, yaitu golongan dewasa dan anak-anak dengan tidak ada pembatasan jumlah hafalan. “Intinya yang paling banyak hafalannya. Bagi siapa yang terbanyak nanti akan diberangkatkan umrah tahun ini. Juga pemenang MTQ keluarga,” kata Nasaruddin.

Sejak tahun ini Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan yang belum pernah diselenggarakan sebelumnya. Kegiatan itu adalah MTQ keluarga, serta memilih penghafal Quran terbanyak dengan apresiasi diberi tiket umrah.

Baca Juga:  Pasangan AZAN Kukuhkan Tim Pemenangan

Nasaruddin meyakinkan warganya melalui keluargalah masyarakat Qurani dapat diwujudkan, mulai dari membaca Alquran, memahami, menghapal, mengamalkan hingga mendakwahkannya. “Makin banyak yang bisa baca Quran, maka akan semakin baik kondisi masyarakat, yakinlah soal ini,” ujarnya.

Camat Kebayakan, Aulia Putra, mengatakan kegiatan berlangsung selama dua hari diikuti oleh 114 peserta dari 14 kampung di kecamatan tersebut, dengan rincian 86 peserta MTQ kecamatan dan lima keluarga peserta MTQ keluarga yang terdiri dari 28 orang. Kegiatan ini juga untuk menyemarakkan suasana Idul Fitri.