HARIANACEH.co.id — Microsoft telah mengumumkan pendapatan mereka untuk kuartal keempat. Mereka melaporkan kerugian sebesar USD2.1 M, meski mereka berhasil mendapatkan penghasilan sebesar USD22.2 M.

Pada kuartal yang sama tahun lalu, Microsoft berhasil mendapatkan pendapatan sebesar USD23.3 M. Alasan utama dari kerugian ini adalah karena penghapusan buku atas pembelian Nokia sebesar USD7.5 M. Meskipun begitu, Microsoft berhasil menjual lebih banyak ponsel Lumia pada kuartal empat kemarin.

Mereka berhasil menjual 8,4 juta ponsel Lumia, yang merupakan peningkatan jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu, yaitu 5,8 juta unit. Meskipun begitu, pendapatan dari ponsel menurun sebesar 38 persen menjadi USD748 juta. Sementara itu, pendapatan dari divisi OS menurun sebesar 22 persen, diduga hal ini karena Microsoft berhenti memberikan dukungan pada XP.

Baca Juga:  Netflix Berencana Menghadirkan Modus Offline Untuk Kontennya

Kerugian bersih Microsoft pada kuartal empat ini mencapai USD3.2 M, yangBloomberg sebutkan sebagai kerugian terbesar yang pernah dibukukan Microsoft. Walaupun begitu, Microsoft berhasil meningkatkan pendapatan yang mereka dapat dari penjualan hardware.

Pendapatan dari penjualan Surface naik hingga USD888 juta, sementara penjualan Xbox disebutkan meningkat hingga 27 persen dengan Xbox One dan 360 terjual sebanyak 1,4 juta unit. Sementara tahun lalu, Microsoft hanya berhasil menjual konsol mereka sebanyak 1,1 juta unit.

Sementara pengguna Office 365 juga meningkat sebanyak 3 juta orang di kuartal empat. Penghasilan dari cloud juga meningkat sebesar 88 persen.

Menjelang peluncuran Windows 10, tampaknya Microsoft telah melakukan perubahan dalam bagaimana mereka menjalankan bisnis mereka. Dan perubahan tersebut merupakan salah satu alasan mengapa mereka harus menderita kerugian pada kuartal ini.

Baca Juga:  Pertama Kalinya Nexus Generasi Baru Dibuat Oleh Produsen Cina
loading...