HARIANACEH.co.id — Sarapan tidak hanya memberikan energi untuk memulai hari Anda tetapi juga mampu meningkatkan kinerja Anda secara keseluruhan.

Sarapan membantu untuk meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan dan ingatan Anda. Ini mengapa sangat penting untuk melakukan sarapan setiap harinya.

Tetapi, Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi saat sarapan agar tetap sehat dan bergizi. Berikut beberapa makanan yang baik untuk sarapan.

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah sumber lemak yang sehat untuk tubuh Anda. Kacang-kacangan juga dapat membantu mempertahankan kadar gula darah Anda untuk jangka waktu yang lama.

Kacang-kancangan juga dapat memperlambat proses pelepasan energi yang membantu mencegah rasa lapar, sehingga mengurangi kesempatan Anda untuk ngemil.

Tambahkan kacang-kacangan ke dalam sarapan Anda, baik itu dalam smoothie atau roti panggang, supaya sarapan Anda menjadi lebih sehat.

 2. Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks harus ditambahkan pada sarapan sehari-hari Anda karena dapat membantu pelepasan glukosa ke dalam sistem aliran darah Anda. Tubuh Anda akan memiliki pasokan energi yang konstan yang membantu Anda mencegah kekembungan. Makanan seperti roti gandum dan oatmeal panas merupakan salah satu makan yang memiliki karbohidrat kompleks.

 3. Telur
Telur sangat bergizi untuk sarapan Anda, dengan kandungan protein yang berkualitas tinggi, lemak baik dan vitamin B12, B2 dan vitamin A.

Baca Juga:  Apa Saja Sih yang Diinginkan Pria Saat di Ranjang?

Selain itu, telur juga mengandung kolin, nutrisi penting untuk perkembangan otak dan fungsinya. Anda bisa membuat sarapan dengan merebusnya, orak-arik telur, atau terserah dengan cara apapun yang Anda inginkan. Tetapi, pastikan Anda tidak menggorengnya, karena itu akan membuat telur memiliki tambahan kalori.

4. Selai kacang
Selai kacang sangat baik untuk sarapan karena memiliki antioksidan, kalium, protein dan lemak yang bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Sebuah studi oleh British Journal of Nutrition juga menunjukkan bahwa selai kacang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan hormon kenyang. Tapi, Anda juga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Cukup mengambil maksimal dua sendok makan untuk menemani makan pagi Anda.

5. Salmon
Salmon merupakan sumber alami yang mengagumkan dari asam lemak omega-3 bagi tubuh Anda. Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan otak yang baik dari penurunan kognitif yang melambat dan untuk meningkatkan daya memori Anda.

Salmon juga dikemas dengan asam amino triptofan, yang membantu menghasilkan serotonin, senyawa kimia yang menimbulkan perasaan bahagia kepada yang mengkonsumsinya.

 6. Pisang
Pisang mengandung potasium yang sangat baik untuk kesehatan otak, saraf dan juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Pisang juga berguna karena dapat membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan membantu Anda menghindari ngemil di tengah hari.

Baca Juga:  Yuk Kita Lihat Masa Lalu Lewat Desa-desa Terindah di Dunia

 7. Bayam
Ada alasan mengapa bayam dikenal sebagai makanan otak, itu disebabkan karena bayam memiliki tingkat protein yang lebih. Dikemas dengan vitamin B folat, membuat bayam dapat meningkatkan memori jangka pendek. Selain itu, bayam juga  mengandung asam amino yang sangat penting untuk bagian dari otak yang bertanggung jawab dalam pemecahan masalah.

Jika Anda sudah mengetahui makanan yang baik untuk sarapan Anda, maka Anda juga perlu tahu jenis-jenis makanan yang buruk Anda konsumsi saat sarapan.

 8. Sereal manis
Penuh dengan karbohidrat dan gula, tidak hanya membuat kalori Anda naik, tetapi memakannya juga dapat menyebabkan Anda mudah lapar hingga membuat Anda cenderung mencari makanan ringan saat tengah hari.

9. Jus
Ya, jus memang baik untuk Anda tetapi jika Anda hanya minum jus untuk sarapan, itu bisa meningkatkan gula darah dan insulin Anda. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau bahkan diabetes jika Anda tidak hati-hati.

10. Kue
Boleh sekali-kali memakan kue saat sarapan, tetapi melihat kadar gulanya yang tinggi, itu bisa membuat Anda cepat lapar. Kue juga menyebabkan Anda merasa selalu lapar. Jadi kue tidak cocok untuk sarapan Anda.

loading...