HARIANACEH.co.id — Sakit tenggorokkan memang kerap dialami oleh hampir semua orang. Entah itu alasan karena Anda tidak minum cukup air atau Anda melakukan sesi karaoke dengan waktu yang lama.

Nah, saat sakit tenggorokan Anda bisa melakukan beberapa trik pengobatan sederhana di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Beberapa cara ini bisa Anda coba untuk menyembuhkan sakit tenggorakan Anda.

– Cuka sari apel
Saat Anda merasa tenggorokan Anda gatal, segeralah meminum cuka sari apel. Karena sebagian besar kuman tidak mampu hidup di lingkungan yang ada asam cukanya. Selain itu, cuka sari apel juga bisa mencegah infeksi. Caranya Anda bisa mencampurkan satu sendok makan madu dengan sesendok cuka sari apel pada gelas panas. Kemudian diaduk baru Anda meminumnya.

– Air garam
Air garam sering digunakan para dokter untuk menyembuhkan pasiennya. Berkumur dengan air garam efektif untuk mengurangi dahak dan peradangan di tenggorokan. Tetapi, Anda tidak dianjurkan berkumur dengan air dingin karena itu tidak efektif. Untuk menggunakannya Anda bisa melarutkan setengah sendok garam dalam setengah cangkir air hangat. Baru setelah itu berkumur setiap tiga sampai empat jam sekali.

Baca Juga:  4 Langkah Ini membuat Hidup Anda Menjadi Lebih Menarik

– Konsumsi minuman panas
Apabila Anda tidak menyukai berkumur dengan air garam. Anda bisa mencoba cara alami dengan mengonsumsi minuman panas. Disarankan oleh para ahli untuk meminum teh hijau sebab seperti yang diketahui, teh hijau bisa melawan infeksi secara alami.

– Madu
Sebuah studi dari Penn State University 2007 menemukan bahwa madu sangat efektif mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu, hal-hal yang manis yang lengket dinilai lebih menguntungkan untuk menghilangkan gejala gatal tenggorokan saat tidur. Pastikan untuk tidak memberikan madu untuk anak di bawah usia dua tahun karena mungkin bisa menyebabkan reaksi alergi. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan madu dalam air hangat, kemudian baru menyesapnya.

Baca Juga:  Ini Tanda-Tanda Seseorang Kurang Berliburan

– Jus buah citrus
Buah citrus seperti jeruk dan lemon merupakan astringent di alam, sehingga dapat membantu mengecilkan jaringan tenggorokan yang bengkak dan menciptakan lingkungan asam yang menjadi musuh para virus dan bakteri. Cara pembuatannya, Anda bisa mencampurkan satu sendok masing-masing madu dan jus lemon dalam satu cangkir air hangat, aduk rata, baru minum setelah itu. Campuran ini bisa Anda gunakan sesering mungkin untuk sakit tenggorokan.

– Air
Untuk membuat tenggorokan Anda selalu baik, Anda perlu melumasinya dengan air untuk mencegah menjadi kering dan iritasi dan juga menghalau infeksi lebih cepat. Sangat ideal untuk Anda meminum delapan sampai sepuluh gelas air hangat per hari untuk mencegah risiko terburuk lainnya dari masalah tenggorokan Anda.

loading...