OLAHRAGA

Alasan Van Gaal Usir Van Persie dari MU Terkuak!

HARIANACEH.co.id — Robin van Persie yang mempersembahkan gelar Liga Premier Inggris musim 2012-13 untuk Manchester United (MU) telah meninggalkan Old Trafford Stadium. Lalu apa alasan sesungguhnya Louis van Gaal menjual anak asuhnya tersebut?

Van Persie hengkang ke Fenerbahce dengan nilai transfer sebesar 6,7 juta pound atau sekitar Rp 98,2 miliar. Dia menyepakati kontrak berdurasi tiga tahun bersama klub yang berdomisili di Istanbul, Turki.

Hengkangnya striker berusia 31 tahun tersebut cukup menyebutkan. Sebab, Van Persie merupakan pemain kesayangan manajer Setan Merah (sebutan MU), Louis van Gaal.

“Ini adalah sebuah proses. Anda harus mengawasi semua aspek. Orang-orang selalu mengatakan Van Persie merupakan pemain favorit saya dan saya selalu melindunginya. Mungkin saja saya sudah melakukan itu,” papar Van Gaal, seperti dikutip dari Daily Mail.

Lebih lanjut, Van Gaal menjelaskan alasannya menendang striker Timnas Belanda tersebut dari Old Trafford Stadium. Salah satunya adalah performa yang menurun.

Pada musim lalu, Van Persie hanya mampu mencetak 10 gol dari 27 penampilan di Liga Premier Inggris. Selain itu, dia juga sangat lemah dalam melakukan duel udara. Van Persie hanya memenangkan 32 dari 98 duel udara dengan tingkat keberhasilan sebesar 33 persen.

RVP

(Liputan6)

“Pada akhirnya, Anda harus selalu mengevaluasi pemain yang telah membawa tim ini finis di posisi keempat (dalam klasemen Liga Premier). Ada pemain yang sedikit memberikan kontribusi. Anda harus membuat keputusan berdasarkan fakta, bukan hal lainnya,” Van Gaal menegaskan.

Sejak memperkuat MU tahun 2012 hingga 2015, Van Persie secara total telah mencetak 58 gol dan 22 assists dari 105 penampilan. Selama 7.972 menit bermain bersama Setan Merah, dia mengoleksi 16 kartu kuning

TERPOPULER

To Top