FOTO

Hantar Anak Ke Sekolah Adalah Awal dari Pembangunan Budi Pekerti

HARIANACEH.co.id — Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi setelah berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan di Jakarta (Minggu 26/7), menganjurkan kepada seluruh pegawai yang memiliki anak usia sekolah untuk dapat mengantarkan anak-anaknya berangkat sekolah pada hari pertama masuk sekolah (27/7) hari ini. Sebab dengan mengantarkan anak dihari pertama masuk sekolah dapat memotivasi dan meningkatkan percaya diri serta berperilaku baik di sekolah, hal ini merupakan bagian daripada pembangunan karakter anak.

Ia juga menyatakan bahwa masa depan Indonesia terletak pada budi pekerti anak. Untuk itu, aparat pemerintah sebagai pemimpin ditengah-tengah masyarakat harus memberi contoh dan teladan dalam melahirkan dan mendesain anak Indonesia yang berbudi pekerti dan berkarakter kuat.

Sementara itu juga, Yuddy Chrisnandi meminta pada para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) disetiap instansi pemerintah agar memberikan izin dan sehingga keterlambatan itu tidak dicatat sebagai pelanggaran disiplin kerja.

Karena mengantarkan anak dihari pertama masuk sekolah merupakan upaya agar para PNS memperhatikan lingkungan sekolah anaknya dan memberikan perhatian kepada mereka. “Mengantar anak ke sekolah akan jadi kenangan indah sepanjang masa bagi mereka”.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Anies Baswedan di Jakarta. Ia meminta bantuan Yuddy agar dapat memberikan himbauan kepada segenap ASN (Aparatur Sipil Negara) agar menjadi teladan dalam membangun budi pekerti anak yang diawali dengan mengantarnya ke sekolah. Selain hal tersebut sangat berarti bagi anak, juga dapat mendorong interaksi positif antara guru dengan orang tua/wali murid.

Menyikapi anjuran MENPAN-RB dan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Cut Dina Alfina selaku PNS Pemerintah Kota Banda Aceh, juga menyempatkan diri untuk mengantarkan anaknya pertama masuk sekolah.

Ia senang sekali Pemerintah dapat memahami keadaan saat ini dimana para  orang tua berusaha mengantarkan dan menemani anaknya dihari pertama sekolah dan semoga Pimpinan saya memberi saya izin sebagaimana arahan dari Bapak Menteri PAN-RB pungkasnya. Ia juga mengatakan, dengan mengantarkan dan menemani anak dihari pertama ini kita selaku orang tua dapat menilai bagaimana anak-anak kita berinteraksi dengan lingkungan luar, menerima perintah dan arahan untuk pertama kali dari orang lain (guru) dan hal ini memudahkan kita juga dalam membimbingnya kelak sepulang dari sekolah. Sebab hari pertama ini adalah dimana ia merasakan sesuatu yang berbeda dan ini akan mempengaruhi psikologis dan pola pertumbuhannya kedepan.

TERPOPULER

To Top