EDUKASI

Menteri Anies Beri Arahan ke Guru Untuk Hari Pertama Sekolah

HARIANACEH.co.id — Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meminta agar para guru dan kepala sekolah menjalani tugasnya dengan tulus dan ikhlas. Anies meminta agar para guru tidak hanya melakukan tugas mendidik. “Guru itu harus menginspirasi dan menjadi teladan budi pekerti,” kata Anies.

Salah satu caranya, kata Anies, para guru bisa datang lebih awal dan menyambut kedatangan siswanya. “Hal itu bisa memberikan semangat untuk para siswa,” katanya.

Anies juga meminta agar kegiatan di sekolah bisa dilakukan lebih banyak. Pertama, upacara bendera hari Senin diharapkannya bukan hanya menjadi kegiatan seremonial saja. Namun dijalankan dengan tulus. Para petugas upacara pun diharapkannya bisa dilih berganti secara bergiliran. “Agar anak bisa belajar dipimpin dan memimpin,” katanya.

Setiap pekan pun anak anak diminta untuk melakukan olahraga. “Kapan dan olahraga apa, itu terserah masing-masing sekolah,” katanya.

Siswa pun diminta membaca 15 menit dalam sehari. Kemudian membaca doa bersama, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Dan di akhir pelajarangn menyanyikan lagu daerah,” katanya.

Kegiatan itu diharapkannya bisa meningkatkan kualitas siswa dalam hal pengetahuan, agama, budi pekerti dan kebangsaan.

Para guru, kata Anies, diminta untuk tidak hanya menanamkan namun juga menumbuhkan budi pekerti. “Caranya dengan tahapan awal diajari, lalu mengajari, kemudian akan jadi kebiasaan. Selanjutnya akan menjadi budaya. Sehingga nanti tercipta budaya bersih di lingkungan sekolah,” katanya.

TERPOPULER

Keatas