HARIANACEH.co.id — Minuman berenergi memang memberikan energi instan untuk menjalani aktivitas harian Anda yang melelahkan. Namun, banyak orang yang mengabaikan risiko yang bisa Anda dapatkan dari meminum minuman ini. Dan, berikut mengapa minuman energi berbahaya untuk tubuh Anda.

1. Anda menjadi kecanduan kafein

Kafein itu menjadi bahan utama dalam minuman energi. Seperti yang diketahui, kecanduan kafein bukanlah hal yang baik. Anda mungkin bukan penggemar teh atau kopi, tapi menenggak minuman energi berlebihan juga dapat membuat Anda ketergantungan pada kafein. Kelebihan konsumsi kafein ini hanya akan menimbulkan masalah kesehatan, bahkan bisa menyebabkan Anda menderita penyakit jantung.

Baca Juga:  Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) Aceh Gelar Rapat Dewan

2. Sulit tidur

Anda mungkin berpikir bahwa konsumsi minuman berenergi dapat membuat pekerjaan Anda selesai lebih cepat. Tapi, Anda juga perlu hati-hati, minum dalam jumlah banyak bisa membuat Anda menderita insomnia. Tidak baik jika Anda tidak tidur delapan jam dalam sehari karena penyakit-penyakit lainnya mungkin akan menyerang Anda segera.

3. Mengalami perubahan mood

Tidak hanya fisik Anda saja yang dirugikan, minuman berenergi juga bisa mempengaruhi kesehatan mental Anda. Mereka menurunkan kadar serotonin dalam tubuh, yang pada gilirannya akan membuat Anda merasa tidak baik. Hasil akhirnya adalah bahwa Anda akan selalu merasa tertekan dan memiliki mood yang buruk.

4. Gula Anda tinggi

Minuman energi sarat dengan dengan gula sehingga menyebabkan gula di dalam tubuh Anda meningkat drastis. Hal ini tentu saja bisa membuat Anda mudah terkena diabetes. Bahkan, minuman berenergi juga bisa membuat Anda dehidrasi sehingga Anda akan sulit untuk menurunkan berat badan Anda alias Anda akan cepat gemuk.

Baca Juga:  Cegah Kanker Dengan 6 Tanaman Herbal Ini
loading...