INTERNATIONAL

Ketua Taliban, Mullah Omar didakwa Terbunuh

HARIANACEH.co.id — Pemerintah Afghanistan sedang menyelidiki beberapa laporan baru bahwa kepala kelompok militan Taliban, Mullah Omar meninggal dunia, kata seorang juru bicara semalam.

Kelompok Taliban masih belum mengeluarkan pernyataan berhubung dakwaan tersebut yang dibuat oleh beberapa sumber utama dalam pemerintahan dan badan intelijen Afghanistan.

Menurut mereka, kepala militan bersangkutan meninggal dunia sejak dua atau tiga tahun lalu.

Laporan terbaru itu dipandang lebih serius dari beberapa laporan sebelumnya dengan pihak Taliban diharapkan membuat pernyataan tentang dalam waktu dekat.

“Setelah kami menerima lebih banyak bukti, kami akan memberitahukannya kepada pihak media dan rakyat Afghanistan mengenai hal ini,” kata Sayed Zafar Hashemi yang merupakan juru bicara Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani.

Kelompok Taliban memperoleh banyak kemenangan saat dipimpin oleh Mullah Omar.

Dia dikatakan memiliki bekas luka di mata kanannya akibat luka terkena serpihan.

Kelompok Taliban yang dipimpin Mullah Omar memperoleh banyak kemenangan saat berperang dengan milisi-milisi lain dalam perang saudara setelah tentara Uni Soviet mundur dari Afghanistan.

Persekutuannya dengan ketua al-Qaeda, Osama Bin Laden mendorong Amerika Serikat dan sekutunya menjajah Afghanistan pada 2001 setelah serangan teroris di New York dan Washington pada 11 September 2001.

Sejak itu, Mullah Omar menyembunyikan diri, sementara Washington menawarkan hadiah US $ 10 juta untuk penangkapan atau pembunuhan.

TERPOPULER

To Top