HARIANACEH.co.id

Ini Harga Seharusnya BBM di Bulan Agustus

2

HARIANACEH.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan seharusnya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium mengalami kenaikan menjadi Rp8.450 per liter dan jenis solar mengalami penurunan menjadi Rp6.700 per liter.

Penetapan harga tersebut seperti dikatakan Direktur Pembinaan Usaha Hilir Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Agus Cahyoni Adi. Ia mengaku telah melakukan perhitungan-perhitungan untuk menentukan harga tersebut.

“Dari perhitungan yang telah dilakukan, premium harusnya naik jadi Rp8.450 per liter tapi untuk solar turun jadi Rp6.700 per liter,” kata Agus, saat halal bihalal dengan wartawan, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Meskipun demikian, ia mengakui, saat ini pemerintah belum bisa menetapkan perhitungan harga BBM secara pasti. Pasalnya, penentuan harga BBM yang saat ini dijalankan yakni per satu bulan sekali dianggap tidak efektif.

“Dasar hitung berdasarkan realisasi enam bulan lalu, kalau dihitung satu bulan tidak efektif,” ucap dia.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan penentuan pola harga BBM akan diputuskan bulan November mendatang, tepat satu tahun ke pemerintahan.

“Harga BBM itu akan ditinjau lebih lama. Pada bulan November baru akan saya keluarkan keputusannya. Karena november itu satu tahun dari kebijakan itu dicetuskan. Kecenderungannya sepertinya enam bulan sekali. Pokoknya November akan kita putuskan,” pungkas Sudirman.

loading...