HARIANACEH.co.id — Sejak berdirinya kabupaten Aceh Selatan telah dimekarkan menjadi tiga Kabupaten, yaitu: Kabupaten Aceh Barat Daya[1], Kabupaten Aceh Singkil[2] dan Kabupaten Aceh Selatan. Wacana Pemekaran Kabupaten Aceh Selatan kembali digulirkan dan kini hampir semua masyarakat di wilayah Kluet, Bakongan dan Trumon membicarakan pemekaran Kabupaten Aceh Selatan.

Ketua Ikatan Mahasiswa Aceh Selatan (IKAMAS) Yogyakarta, Rahman Mahlil meminta pemekaran Kabupaten Aceh Selatan jangan sekadar memenuhi hasrat elite penguasa untuk membuka lapak baru dan menutup rapat kebutuhan masyarakat. Pemekaran wilayah akan gagal terjadi jika tidak memprioritaskan kebutuhan masyarakat.

Untuk mempercepat proses pemekaran, panitia harus melibatkan dan melobi Dewan Perwakilan Daerah, sebab DPD mempunyai lingkup tugas pada otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; serta pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah serta persyaratan administratif yang meliputi batas wilayah, potensi daerah, serta kemampuan keuangan nantinya akan dikaji kelayakannya oleh DPD.

Baca Juga:  The Leader Aceh Raih Juara 2 Organisasi Kepemudaan Berprestasi Nasional 2015

Saya sangat setuju Kabupaten Aceh Selatan dimekarkan kembali jika tujuannya untuk mensejahterakan dan memakmurkan masyarakat. Jika bukan untuk mensejahterakan masyarakat lebih baik kubur saja niat yang ada, fokus saja mendesak pemerintah sekarang untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya. Mekar sekedar mekar bunga mawar juga bisa, setelah layu siapa peduli ?

Selama ini pemekaran wilayah banyak yang mengalami masalah dan tidak memberikan manfaat yang nyata. Tentu ini masalah serius, kalau gegabah akan menimbulkan persoalan besar. Pemerintah harus hati-hati dalam memutuskan pembentukan daerah otonomi baru dan harus selektif menyikapi tuntutan pemekaran wilayah. Persetujuan yang tidak didasari perhitungan yang matang akan menjadi permasalahan besar dikemudian hari. (HAIRahman Mahlil)


  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Aceh_Barat_Daya
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Aceh_Singkil