,

Pentingnya Nilai Pancasilais di Jiwa Generasi Muda

HARIANACEH.co.id —¬†Generasi muda di harapkan memiliki dan memahami nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai pancasilais sangat penting tumbuh di jiwa generasi muda sebagai modal dasar dalam menghadapi tuntunan globalisasi yang berkembang saat ini,” ungkap Ketua Bidang Siswa dan Pelajar Pengurus Wilayah SAPMA Pemuda Pancasila Aceh, Teuku Morry Darwin dalam sebuah diskusi di Bijeh Kupi, Lambhuk Banda Aceh, Sabtu (1/8/2015).

Menurutnya, generasi muda khususnya kalangan siswa dan pelajar harus dibentuk kepribadiannya sebagai generasi pancasilais.

Hal ini, kata dia, bisa melalui pelatihan bersistem yang dilaksanakan pihak sekolah misalnya atau memang dirancang dalam program kerja pemerintah.

Sejauh ini, lanjut Morry, PW Sapma Pemuda Pancasila Aceh telah berusaha maksimal dalam menumbuh-kembangkan nilai pancasilais di kalangan pemuda khususnya siswa dan pelajar melalui pelatihan kader yang ada di organisasi itu.

Kemudian, sambung dia, di daerah kab/kota juga telah dilaksanakan pelatihan dimaksud kepada kader pemuda pancasila yang tergabung dalam Sapma.

Pun demikian, Morry menilai faktor lingkungan tempat tinggal, komunitas pertemanan juga mempengaruhi degradasi moral dan nilai pancasila yang terus tergerus oleh perkembangan zaman akibat modernisasi dan westernisasi.

“Westernisasi dan modernisasi merupakan faktor yang mempengaruhi tergerusnya nilai pancasila,” sebut Morry. (HAI/Asrul)

loading...

Muka Pria Ini Kena Peluru Pantul Setelah Menembak Trenggiling

5 Kota Paling Banyak Didatangi Wisatawan Dunia