HARIANACEH.co.id — Pusat Soekarno yang berbasis di Bali tahun ini menganugerahkan hadiah kenegaraan tahunannya kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Rachmawati Soekarnoputri, anak mantan Presiden Soekarno, mengumumkan demikian semalam setelah menemukan Korea Utara di Jakarta Ri Jong Ryul.

“Kami akan memberi penghargaan kepada Presiden Kim Jong Un karena dia konsisten melaksanakan perjuangan pemimpin agung Korea Utara Kim Il Sung menentang kebijakan penjajahan,” kata
Rachmawati.

Hadiah Soekarno secara tradisional diberikan sebagai pengakuan kepada mereka yang memberikan kontribusi kepada perdamaian dan pembangunan dunia.

Aung San Suu Kyi dari Myanmar dan Mahatma Gandhi dari India antara penerima hadiah itu sebelum ini.

Baca Juga:  Inggris Resmi Dipimpin Perdana Menteri Wanita Lagi

Namun, tidak jelas bagaimana Kim yang sering memicu ketegangan sampai memperburuk hubungan negaranya dengan Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat, dianggap berkontribusi pada perdamaian dunia.

Menurut Rachmawati, Pusat Soekarno sebelum ini pernah menganugerahkan hadiah itu kepada Kim Il Sung yang dianggapnya pahlawan kemerdekaan dan keamanan.

“Penghargaan yang diberikan kepada Kim Jong Un adalah kelanjutan perjuangan menentang kebijakan penjajahan,” katanya.

Rachmawati sebelumnya ditunjuk menjadi ketua kehormatan Komite Persiapan Unifikasi Korea Pyongyang, badan yang tidak diakui di luar negara itu.

loading...