HARIANACEH.co.id¬†—¬†Kelompok Taliban mengumumkan Mullah Akhtar Mansour sebagai kepala baru mereka sekaligus menandai peralihan kekuasaan bersejarah bagi militan tersebut yang melancarkan pemberontakan selama 14 tahun di Afghanistan.

Taliban juga mengumumkan kepala jaringan Haqqani, Sirajuddin Haqqani dan mantan ketua pengadilan Taliban, Haibatullah Akhundzada sebagai wakilnya.

Pengumuman itu dibuat sehari setelah Taliban mengkonfirmasi kematian pemimpin mereka Mullah Omar yang memimpin kelompok itu selama hampir 20 tahun.

Peralihan kekuasaan tersebut dilihat meningkatkan harapan untuk mengakhiri perang di Afghanistan yang berlangsung sejak hampir 14 tahun akibat pendirian lebih sederhana Mullah Akhtar dibandingkan mantan ketuanya.

Baca Juga:  Sejumlah Warga Ingin Merdeka dari Tiongkok, Pileg Hong Kong Resmi Berakhir

Mansour adalah seorang deputi yang mendapat kepercayaan Mullah Omar. Dia ditunjuk sebagai kepala ketika Taliban diancam kebangkitan kelompok militan Islamic State (IS) di Afghanistan.

“Setelah kematian Mullah Omar, dewan kepemimpinan dan ulama Islam sepakat menunjuk kawan karib dan mantan wakilnya, Mullah Akhtar Mansour sebagai ketua,” kata kelompok Taliban di situsnya.

Kematian Mullah Omar disahkan oleh Taliban kemarin.

loading...