HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kesalahan yang Tanpa Anda Sadari saat Meminum Air Putih

6

HARIANACEH.co.id – Meminum air putih penting untuk asupan cairan tubuh semua orang. Namun, acap kali orang mengabaikannya.

Anda mungkin hanya akan meminum saat merasa haus. Itu sebenarnya salah. Masih banyak kesalahan yang tanpa disadari Anda lakukan saat minum air putih. Berikut di antaranya.

 1. Minum air saat berolahraga, tapi tidak minum sebelumnya
Anda wajib tahu, meskipun minum secara teratur saat berolahraga, Anda mungkin akan rentan menderita sakit kepala. Hal ini terjadi karena sebelum berolahraga Anda tidak minum air.

Larysa DiDio, pendiri PFX Pusat, New York, menyarankan minum air putih setidaknya satu gelas setengah jam sebelum Anda berolahraga supaya tidak merasa pusing.

 2. Minum delapan gelas sehari
Kebutuhan air setiap orang tidaklah sama. Jumlah yang tepat dari H2O yang Anda butuhkan bergantung pada ukuran dan berat badan. Anda tidak harus membatasi minum cuma delapan gelas sehari. Jika merasa kurang, Anda perlu menambahkannya.

Lagipula, makanan seperti buah-buahan dan sayur, seperti apel, memberikan asupan air yang sama dengan satu cangkir. Pada intinya, Anda harus memastikan asupan air secara tepat dan sesuai untuk tubuh Anda.

3. Menghindari kopi dan teh
Kepercayaan umum bahwa kopi dan teh terhidrasi karena kandungan kafeinnya, hanyalah mitos. Menurut ahli gizi, Lisa Cashman, RD, Kafein dalam kopi dan teh dapat membantu Anda diuretik. Dan itu sangat bagus untuk Anda karena menghilangkan zat-zat berbahaya lewat urin. Karena diuretik mampu memobilisasi cairan edema, yang berarti mengubah keseimbangan cairan sedemikian rupa sehingga volume cairan ekstrasel kembali menjadi normal.

 4. Jarang minum
Saat Anda merasa haus, maka ya, Anda harus segera minum air. Dan itu juga berlaku saat Anda berolahraga atau saat Anda berada di luar rumah. Selain itu, minum air putih juga sangat dianjurkan, meskipun Anda hanya duduk manis di depan meja kerja. Jarang minum air putih bisa memicu Anda menderita batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

5. Bingung apakah Anda butuh makan atau minum
Minum air sebelum makan itu sebenarnya untuk memastikan Anda lapar atau tidak. Banyak ahli merekomendasikan sering mengonsumsi makanan ringan juga bisa menjadikan Anda terbiasa minum air. Namun, jangan terlalu sering mengemil karena bisa menyebabkan obesitas.

Para ahli menyarankan Anda untuk selalu menaruh sebotol air di meja.   Jadi, saat merasa lapar, Anda bisa langsung meminumnya tanpa harus mengunyah camilan yang tidak sehat. Cara ini akan mengatur diri Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Dan membuat pola makan Anda benar. Karena jika setelah minum Anda tetap lapar, berarti Anda benar-benar lapar dan membutuhkan asupan makanan untuk kebutuhan energi.

loading...