HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Islam Melarang Membunuh Hewan-hewan Ini

9

HARIANACEH.co.id – Dunia Islam. Hewan atau disebut juga dengan binatang adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia ataumetazoa, adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Sebutan lainnya adalah fauna dan margasatwa.

Namun Allah dapat menundukkan segala apapun yang ada dibumi untuk manusia, termasuk didalamnya hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan ini memiliki banyak menfaat yang dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Hewan adalah salah satu yang menyumbangkan banyak manfaat bagi manusia, misalnya dari ayam kita dapat menikmati daging dan telurnya yang penuh gizi dan protein, kemudian dari sapi kita dapat menikmati daging dan susunya, lalu dari lebah kita dapat menikmati madunya, dan lain sebagainya.

Namun, dari sekian banyak jenis-jenis hewan yang ada di bumi ini, ada beberapa hewan yang Allah haramkan untuk manusia. Selain sebagai bentuk ujian bagi manusia, hal itu juga dikarenakan Allah melarang kita untuk membunuh hewan tersebut.

Lalu, hewan apa saja yang tidak boleh dibunuh dalam Islam? inilah diantaranya.

1. Semut

Semut adalah termasuk dalam jenis serangga, berdasarkan data ilmiah jenis-jenis semut terdapat hingga lebih dari 12.000 spesies. Semut memiliki ukuran yang kecil, namun jangan salah meskipun kecil, semut adalah salah satu hewan terkuat didunia. Bayangkan, semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri.

Semut juga menjadi salah satu hewan yang dilarang untuk dibunuh dalam Islam, hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW. Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Salah seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi, lalu nabi tersebut memerintahkan untuk mendatangi sarang semut dan membakarnya. Tapi Allah kemudian menurunkan wahyu kepadanya: ‘Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih?’ [HR. Muslim]

2. Burung Hud-Hud

Burung Hud-Hud adalah burung yang sangat terkenal dalam kisah Nabi Sulaiman. Ia adalah burung yang sangat cerdik, ia juga menjadi utusan Nabi Sulaiman untuk menyampaikan surat kepada Ratu Bilqis.

3. Lebah

Kebanyakan ulama mengatakan hukum lebah sama dengan semut dengan landasan hadist di atas, yaitu larangan membunuhnya dan larangan memakannya. Namun para ulama menerangkan bahwa larangan membunuh lebah karena menghasilkan madu yang berguna bagi manusia.

4. Shurad

Shurad adalah burung berkepala besar dan berparuh besar, perutnya putih, punggungnya hijau, memangsa serangga dan burung kecil. Burung ini lebih besar dari burung pipit dan terkadang memangsa burung pipit.

Larangan membunuh keempat hewan diatas sesuai dengan hadits sebagai berikut, “Rasulullah melarang membunuh empat macam hewan yaitu semut, lebah, hud-hud, dan shurad” [HR. Abu Daud]

Namun, ada beberapa hewan lain yang juga dilarang untuk dibunuh dalam Islam karena ada alasan-alasan tertentu yaitu

1. Katak

Dalam sebuah hadits, Rasulullah pernah ditanya oleh seorang tabib tentang katak yang dipergunakan sebagai campuran obat, lalu Rasulullah melarang membunuhnya [HR. Ahmad, Al-Hakim, dan Nasa’i]

2. Laba-Laba

Laba-laba dilarang dibunuh karena hewan ini pernah menolong Rasulullah ketika beliau berada di dalam gua Tsur yang ditemani sahabat sejatinya Abu Bakar. Di dalamnya Rasulullah beserta Abu Bakar tidak henti-hentinya berzikir dan berdoa kepada Allah. Mereka bersembunyi dari orang-orang kafir Quraisy. Orang-orang itu kemudian mendatangi mulut gua untuk memastikan apakah benar nabi Muhammad dan Abu Bakar ada di dalamnya.

Tapi apa yang mereka dapati ketika sampai disana? di mulut gua ada sarang laba-laba yang masih utuh sempurna dan disana mereka juga mendapatkan dua ekor burung merpati. Sehingga mereka sangat yakin bahwa di dalam tidak ada orang. Dari kisah ini jelaslah peran laba-laba untuk menyelamatkan Nabi Muhammad dari kejaran orang-orang kafir.

Itulah beberapa binatang yang haram dibunuh dalam Islam. Semoga bermanfaat, terimakasih.

loading...