HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

PBB Konfirmasi Laporan Anak-Anak Dijadikan Budak oleh ISIS

15

HARIANACEH.co.id – Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Zainad Bangura membenarkan adanya anak-anak dijadikan budak oleh kelompok Islamic State (ISIS).

Menurut Bangura, anak-anak yang dianggap budak itu masuk dalam daftar harga yang diberikan oleh pihak ISIS. Daftar harga itu beredar di antara pasukan prajurit ISIS di Suriah dan Irak.

Daftar itu sebenarnya beredar pada November tahun lalu, namun dianggap sulit untuk dibuktikan. Sekarang, Bangura mengatakan bisa menkonfirmasi dokumen daftar harga anak-anak adalah asli. Dia melihatnya setelah melakukan kunjungan ke Irak pada April.

“Anak-anak perempuan dikumpulkan seperti tong bensin. Mereka kadang dibeli supaya bisa dijual kembali ke keluarganya dengan harga ribuan dolar sebagai bentuk uang tebusan,” ujar Bangura, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (4/8/2015).

Bangura menjamin keaslian dari daftar tersebut. Menurutnya anak-anak dalam usia mulai dari satu hingga sembilan tahun, dihargai sekitar USD165 atau sekitar Rp2,2 juta. Sementara perempuan dewasa mendapatkan harga murah dengan usianya yang semakin tua.

“Budak yang sebagian besar berasal dari kalangan etnis Yazidi, umumnya ditawarkan pertama ke pemimpin ISIS dahulu. Kemudian mereka ditawarkan ke pembeli asing dengan harga mencapai ribuan dolar, sebelum akhirnya ditawarkan ke prajurit ISIS dengan harga rendah,” ucap Bangura.

Tahun lalu, ISIS merilis pamflet perlakukan terhadap budak perempuan. Mereka kerap menderita pemerkosaan dan pemukulan.

Sementara dalam sebuah video yang dirilis juga tahun lalu, meunjukkan cuplikan lelang perempuan yang dilakukan ISIS. Dari video itu terdengar para anggota ISIS bersedia untuk mengeluarkan uang mendapatkan perempuan yang mereka inginkan.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat