HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemerintah Jepang Bangun Turbin Angin Mengambang Terbesar di Dunia

4

HARIANACEH.co.id – Jepang kini tengah membangun turbin angin yang terbesar di dunia. Turbin setinggi 344 kaki tersebut diklaim dapat menahan gelombang setinggi 65 kaki bahkan tsunami.

Seperti yang dilansir NBC News pada 3 Agustus 2015, turbin 7 megawatt tersebut diikat ke dasar laut minggu lalu oleh empat jangkar seberat 20 ton sekitar 12 mil lepas pantai Fukushima.

Salah satu insinyur utamanya, Kazunobu Shimizu, mengatakan ketinggian turbin yang sama dengan Katedral London St. Paul tersebut akan mampu menahan gelombang bahkan pada kondisi yang paling ekstrim sekalipun.

“Turbin dan jangkar dirancang untuk menahan gelombang setinggi 65 kaki,” kata Shimizu. “Juga, di sini kita bisa bertahan dari tsunami 32-kaki.”

Turbin mengambang adalah bagian dari proyek percobaan yang disponsori oleh pemerintah Jepang untuk membuat sumber energi lepas pantai pertama di dunia, yang menghubungkan tiga turbin mengambang dengan satu floating stasiun sub-listrik.

Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi kelayakan komersial tenaga angin sebagai alternatif untuk mengganti tenaga nuklir, serta untuk memeriksa apakah ini bisa menjadi industri potensial Jepang yang dapat diekspor ke luar negeri.

Sepuluh perusahaan yang terlibat dalam konsorsium termasuk Shimizu Konstruksi dan Mitsubishi Heavy Industries.

loading...