HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

PSSI Umumkan Jadwal Kompetisi usai Rapat Exco

7

HARIANACEH.co.id – Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erwin Budiawan, percaya diri turnamen sepak bola pada musim depan tak akan tertunda. Hal itu ia yakini lantaran PSSI dianggap berada di jalur hukum yang benar.

Sikap optimistis itu, dijelaskan Erwin, terbukti dengan progres penyelesaian kisruh sepak bola antara PSSI dengan Kemenpora yang terjadi di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) beberapa pekan lalu. Putusan ketika itu, PSSI menang atas gugatan lahirnya Surat Keputusan (SK) Pembekuan dari Kemenpora.

Namun, sedikit menoleh ke belakang, surat pembekuan PSSI itu turun karena Kemenpora menganggap PSSI sulit diajak bekerja sama untuk memajukan prestasi sepak bola tanah air.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang merupakan perpanjangan tangan Kemenpora berhasil menemukan sejumlah pelanggaran pada beberapa klub naungan PSSI, dan mereka dianggap tidak lolos verifikasi untuk menjadi klub profesional.

“BOPI itu tidak ada diundang-undang atau di Peraturan Menteri (Permen). Jadi, nanti PSSI yang akan menindaklanjuti kepada kepolisian tentang kejelasan isi undang-undang itu sebenarnya,” jelas Erwin seusai rapat Exco di kantor PSSI Jakarta.

“Kalau untuk verifikasi klub musim baru, nantinya akan dilakukan dari pihak PSSI dibawah naungan departemen Club Lisensing. Hal itu berlaku juga untuk semua kompetisi musim depan,” tambahnya.

Sejauh ini, setelah kemenangan di sidang PTUN, PSSI mulai berbenah diri dan kembali menyusun aktifitas untuk mewadahi segala kegiatan sepak bola. Beberapa di antaranya dengan menggelat rapat Komite Eksekuti (Exco), Senin 3 Agustus, yang salah satu keputusannya adalah menentukan jadwal semua turnamen bergengsi pada musim depan.

Berikut jadwal kompetisi Indonesia berdasarkan hasil rapat Exco PSSI:

1. Kompetisi Indonesia Super League (ISL)  dimulai minggu ke-3 Oktober 2015, tidak ada perubahan peserta

2. Kompetisi Divisi Utama dimulai Minggu ke-2 November 2015, tidak ada perubahan peserta.

3.Kompetisi Liga Nusantara dimulai November 2015 atau Januari 2016

4. Kompetisi Kelompok Umur dimulai Februari 2016

5. Piala proklamasi dilakukan 15 Agustus 2015 (tempat tentatif) – Arema vs Persib

Komentar
Sedang Loading...
Memuat