HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Yamaha Hadirkan 30 Motor Mirip Tunggangan Rossi

6

HARIANACEH.co.id – Beberapa hari lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dikabarkan akan segera mendatangkan versi terbaru dari motor gede (moge) YZF-R1. Motor yang dibuat dengan mengambil spesifikasi dari balap MotoGP ini rencananya akan hadir dalam jumlah terbatas.

Dari data yang di lansir dari VIVA.co.id dari Kementerian Perindustrian, Selasa, 4 Agustus 2015, PT YIMM diizinkan untuk mendatangkan motor secara utuh dengan jumlah total sebanyak 30 unit. 15 unit pertama adalah tipe R1 standar, sementara 15 unit lainnya untuk R1 versi Electronic Racing Suspension (ERS).

ERS sendiri adalah satu set suspensi (depan belakang) buatan Ohlins, dimana pengendara dapat mengatur kekerasan suspensi secara elektronik, sesuai kondisi sirkuit.

Teknologi yang diunggulkan pada motor dengan kapasitas mesin 998cc ini adalah perangkat Inertial Measurement Unit (IMU). Perangkat ini merupakan peranti komputer khusus yang dapat menganalisis data saat motor dipacu.

IMU menggabungkan sensor gyroscopic yang dapat mendeteksi pitch, roll, dan yaw. Perangkat ini juga dilengkapi dengan accelerometeryang mengukur percepatan pada bagian depan-belakang, atas-bawah, dan arah kanan-kiri, untuk menentukan posisi yang tepat dari sepeda motor.

Data yang dihasilkan nantinya akan dikirim ke Electronic Control Unit (ECU), yang bertugas mengatur Traction Control, Slide Control, Anti-Wheelie Control, Quickshifter,dan Launch Control.

Semua teknologi ini mirip dengan motor yang digunakan pembalap Valentino Rossi di ajang MotoGP, yaitu YZF-M1. Yamaha mengklaim bahwa R1 terbaru rancangan mereka dibuat dengan spesifikasi yang mirip dengan tunggangan ‘The Doctor‘ tersebut.

Sekadar infromasi, mesin empat silinder 998cc yang digunakan R1 mampu menghasilkan tenaga sebesar 200 daya kuda, sama seperti tenaga Kawasaki Ninja H2.

loading...