HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sungai Musi akan Dihiasi Rumah Rakit, Sambut HUT ke-70 RI

27

HARIANACEH.co.id, PALEMBANG – Menjelang HUT ke-70 RI pada 17 Agustus mendatang, Pemerintah Kota Palembang akan menggelar lomba hias rumah rakit. Nantinya, rumah rakit hias ini akan menghiasi bantaran Sungai Musi.

Kepala Dinas Tata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, lomba yang digelar setiap tahun ini juga akan diiringi penataan kawasan bantaran Sungai Musi.

“Ini menjadi salah satu promosi daerah untuk mengangkat kekayaan bantaran sungai, yaitu dengan menampilkan rumah rakit hias di permukaan Sungai Musi,” ujar dia kepada Liputan6.com, Selasa 4 Agustus 2015.

Isnaini menjelaskan, dalam menggelar lomba rumah rakit hias, pihaknya akan menyiapkan dana Rp 15 juta.

Fokus rumah rakit hias di Sungai Musi ini dilatar belakangi banyaknya rumah rakit di bantaran Sungai Musi yang sudah rusak. Bahkan yang hampir karam.

Padahal, menurut Isnaini, rumah rakit sangat identik dengan kearifan lokal dan budaya Sumatera Selatan (Sumsel), khususnya di Palembang.

“Kalau untuk lomba perahu hias biayanya cukup besar, bisa mencapai Rp 15 juta, coba kalau dialokasikan untuk perlombaan hias rumah rakit, mungkin akan lebih semarak. Jadi lomba hias rumah rakit ini bisa juga bersumber dari dana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” pungkas Isnaini.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat