HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Aceh Timur Membangun, Rakyat Sejahtera

8

HARIANACEH.co.id, IDI — Kabupaten Aceh Timur dibawah kemimpinan Bupati/Wakil Bupati Hasballah HM.Thaib – Syahrul Bin Syaman terus berbenah dan membangun berbagai program nasional dan daerah terus diwujudkan dalam rangka mensejahterakan masyarakat di 24 kecamatan dalam wilayah yang dipimpinnya.

“Berbagai program pembangunan teah dilaksanakan oleh Pemkab Aceh Timur, baik yangbersumber dananya dari APBN, APBA dan APBK semata-mata untuk mensejahterakan 400.000 lebih rakyat di Aceh Timur. Tetapi ini semua akan terwujud jika semua komponen masyarakat ikut membangun Aceh Timur yang usianya baru seumur jagung,” kata Bupati Aceh Timur Hasballah HM.Thaib melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Timur Nauli,S.STP,M.AP (foto) dalam siaran persnya, Kamis (6/8).

Dia mengatakan, selama ini pembangunan diberbagai bidang terus digalakkan seperti bidang pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan. Bahkan, dalam setiap program Pemkab Aceh Timur ikut menggandeng para mantan kombatan untuk sama-sama mengawal proses pembangunan di daerah itu. “Bahkan, program nasional dibidang pertanian Kabupaten Aceh Timur ikut dibantu aparat TNI, sehingga perdamaian di Aceh benar-benar terjalin sesuai dengan harapan kita,” kata Nauli.

Begitu juga dengan pembangunan dibidang infrastruktur, Pemkab Aceh Timur terus melakukan pembangunan seperti pembukaan jalan dan pengerukan sungai untuk membebaskan Aceh Timur dari banjir melalui program 100 hari kerja diawal kepemimpinannya Bupati/Wakil Bupati Aceh Timur. “Nah, dalam program ini kita juga melibatkan para kombatan GAM untuk mengawal pekerjaan di lapangan yang digalakkan kala itu diseluruh Aceh Timur, sehingga secara tidak langsung telah membuka lapangan kerja terhadap pemuda yang menganggur di desa-desa,” ujar Nauli.

Begitu juga adanya rekrutmen para mantan kombatan yang memenuhi syarat untuk menjadi tenaga kontrak di beberapa Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) di Aceh Timur. “Hal ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran di Aceh Timur dan membantu mantan GAM untuk kesejahteraan disaat kembali ke masyarakat,” tambah Nauli seraya menyebutkan, dalam dua tahun terakhir Pemkab juga menggalakkan program kegiatan pengajian rutin, baik di tingkat kabupaten hingga ke tingkat kecamatan.

Begitu juga dengan bantuan pembangunan rumah tak layak huni untuk kaum dhuafa melalui program bedah rumah yang tiap tahun dibangun sebanyak 200 unit dan pembangunan perumahan di lokasi Kota Mandiri Terpadu (KTM) sebanyak 190 unit yang seluruhnya diperoritaskan untuk para kombatan GAM.

“Disisi lain, Pemkab Aceh Timur juga ikut membantu pembangunan rumah ibadah seperti masjid dan meunasah dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur,” ujar Nauli seraya menyebutkan, bantuan terhadap fakir miskin dan yatim terhitung mulai 23 Oktober 2012 – 9 Juli 2015 sebesar Rp8.008.800.000.

Namun demikian, Nauli tidak mempungkiri usaha demi usaha yang dilakukan Pemkab Aceh Timur belum seluruhnya sempurna, sehingga kedepan perhatian terus diberikan untuk mensejahterakan masyarakat melalui berbagai program yang dijalankan. Namun itu semua terwujud berkat bantuan dan dukungan semua pihak, terutama Forkominda dan instansi terakit serta masyarakat Aceh Timur.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat