HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Untuk Pecahkan Misteri MH370, Tak Hanya Satu Puing Dibutuhkan

3

HARIANACEH.co.id, SAN FRANSISCO – Konfirmasi oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengenai penemuan puing MH370 membuka peluang dipecahkannya keberadaan pesawat itu. Tetapi lebih dari satu puing untuk memecahkan misteri ini.

Pengamat industri pariwisata mengatakan, lebih dari satu puing pesawat untuk mengerti apa yang sebenarnya terjadi yang Malaysia Airlines MH370.

“Idealnya, tim pencari memerlukan temui data penerbangan dan perekam suara kokpit, untuk mencari informasi. Dengan kedua hal itu, akan diketahui apa yang menyebabkan insiden kecelakaan itu,” ujar Kepala Atmosphere Research Group Henry H. Harteveldt, seperti dikutip Associated Press, Kamis (6/8/2015).

Sementara Direktur CS&A, Caroline Sapriel mengatakan, pihak maskapai harus mengkomunikasi perkembangan pencarian pesawat ini.

“Informasi sensitif harus segera diinformasikan kepada pihak keluarga. Jika tidak, maka akan disalahgunakan dan menyebabkan reputasi buruk,” sebut Sapriel.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok bahkan mendesak Malaysia untuk melanjutkan penyelidikan atas keberadaan pesawat Boeing 777-200ER itu. Memang, sekitar dua pertiga dari 239 penumpang dari MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 itu berasal dari Negeri Tirai Bambu.

Sebelumnya Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan bahwa puing yang ditemukan di Pulau Reunion, Prancis, merupakan bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370. Namun pihak penyelidik Prancis yang memeriksa puing berkata berbeda. Mereka hanya menyebutkan ada indikasi kuat bahwa bagian flaperon itu berasal dari MH370.

Ketidakpastian ini yang membuat pihak keluarga marah besar. Mereka mengecam pengumuman berbeda dari kedua belah pihak.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat