HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Dia Alasan Harga Pertamax Naik

20

HARIANACEH.co.id – PT Pertamina (Persero) menjelaskan perubahan harga Bahan Bakar Minyak Khusus (BBK) jenis pertamax series dilakukan sekarang ini lantaran Pertamina tidak mau membebani masyarakat saat bulan suci Ramadan beberapa waktu lalu.

Vice President Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengungkapkan, Pertamina seharusnya sudah menyesuaikan harga sejak Juli 2015. Namun, karena tidak ingin membebankan masyarakat, Pertamina baru menyesuaikan harga BBK pada 5 Agustus.

“Kita tidak ingin bebani masyarakat dengan menyesuaikan harga BBK saat puasa dan Lebaran,” kata Wianda, Seperti dilansir Metrotvnews.com, Jumat (7/8/2015).

Selain itu, Wianda menambahkan, penyesuaian harga pertamax series dilakukan juga lantaran Harga Indeks Pasar (HIP) yang sejak Maret 2015 hingga Juli 2015 telah mengalami kenaikan

“Harusnya saat Harga Indeks Pasar (HIP) terus meningkat di Maret hingga Juli kami bisa menyesuaikan karena ini BBM jenis umum. Tapi, kami menunggu hingga saat yang lebih baik dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat yang pasti meningkat saat puasa dan Lebaran,” jelas dia.

Lebih dari itu, Wianda membenarkan bahwa selain HIP, penguatan dolar Amerika Serikat (USD) saat ini juga menjadi faktor yang sangat memengaruhi harga keekonomian dari BBK jenis pertamax serires. “Benar sekali selain harga indeks pasar, dolar yang sudah menguat tujuh persen terhadap rupiah dari Januari hingga Juli sangat berpengaruh pada harga keekonomian,” pungkas dia.

Sebagai informasi, semula Bahan Bakar Minyak (BBM) pertamax dijual Rp9.300 per liter sekarang dijual dengan harga Rp9.450 per liter. Sedangkan untuk pertamax plus semula dijual dengan harga Rp10.300 per liter menjadi Rp10.500 per liter. Lalu pertamina dex turun semula Rp11.900 per liter menjadi Rp11.600 per liter.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat