HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bupati Tasikmalaya Ingin Masa Jabatan Diperpanjang, Jadi Calon Tunggal

2

HARIANACEH.co.id – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum dan pasangannya, Ade Sugianto, berharap pemerintah memperpanjang masa jabatan mereka bila Pilkada Serentak 2015 di daerahnya terpaksa ditunda. Sebab, hingga saat ini Uu dan Ade jadi satu-satunya pasangan calon kepala daerah yang terdaftar di KPUD Tasikmalaya, Jawa Barat.

Uu minta pemerintah menyiapkan solusi agar pilkada di wilayah kekuasaannya tak ditunda. Langkah yang dapat diambil, kata dia, bisa dengan revisi undang-undang ataupun penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang dalam menyikapi calon tunggal di pilkada.

“Atau diperpanjang jabatan bupati kayak saya yang habis 6 Maret (2016),” canda Uu dalam diskusi di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (8/8/2015).

Menurut dia, cara ini lebih baik ketimbang pemerintah menunjuk pelaksana tugas (Plt) bupati. Pasalnya, bupati definitif bisa lebih banyak bergerak dibanding seorang plt.

“Kalau plt, sempit kebijakannya. Masyarakat butuhnya yang kebijakan luas,” jelas Uu.

Kendati demikian, Uu berharap pemerintah bisa segera ambil sikap mengatasi kemungkinan tertundanya pilkada di tujuh daerah imbas adanya calon tunggal. Apalagi, kata dia, Presiden Joko Widodo pernah berjanji pemerintah akan hadir di setiap masalah masyarakat.

“Pak Jokowi bilang pemerintah harus hadir ketika masyarakat membutuhkan, tolong hadir sekarang. Jangan dilihat hanya satu calon. Kami juga warga yang punya hak politik,” pungkas Uu.

loading...