HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Markas Pentagon AS Berhasil Dibobol Hacker Rusia

6

HARIANACEH.co.id – Tidak banyak yang tahu di akhir bulan Juli lalu kantor Departemen Pertanahan Amerika Serikat di Pentagon diserbu peretas. Mereka meretas sistem canggih departemen paling sakral milik negara adidaya tersebut.

Dalam laporan yang ditulis Dailymail Kamis, 6 Agustus 2015, serbuan para peretas itu mengarah kepada layanan surat elektronik Kepala Staf Gabungan dan 4.000 personil militer dan sipil. Dampaknya, sistem email Pentagon lumpuh selama 11 hari.

Pihak Pentagon mengkhawatirkan dampak dari retasan itu. Sebab, Pentagon dikenal memiliki informasi yang bersifat sensitif dan rahasia yang ditakutkan bisa bocor ke publik.

Juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Valerie Henderson mengatakan jika staf gabungan menggunakan jaringan rahasia demi keamanan. Dia menambahkan, pihak Pentagon akan melakukan investigasi lebih lanjut mengenai dampak retasan itu.

“Kami telah meminta staf gabungan khusus untuk turun tangan dan terus menyelidiki. Prioritas utama kami adalah untuk memulihkan layanan jaringan secepat mungkin,” jelasnya dinukil.

Pemerintah AS menduga retasan ini disetujui oleh pemerintah Putin. Seorang sumber di Pentagon mengatakan kepada NBC News jika retasan itu jelas didukung seorang aktor negara.

Ini bukan kali pertama Pentagon mengalami serangan dari para peretas. Sebelumnya Pentagon pernah menerima serangan dari sejumlah peretas yang berbasis di Tiongkok. Serangan itu dicurigai mencuri informasi identitas dari 4 juta pekerja intelejen AS.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time