HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Donald Trump Dilarang Masuk Inggris

14

HARIANACEH.co.id – Lebih dari 400.000 orang menandatangani petisi melarang pendahulu daftar calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump dari memasuki Inggris karena mengeluarkan pernyataan anti-Islam.

Usul itu dapat didebatkan di Parlemen Inggris karena memiliki lebih dari 100.000 tanda tangan.

Petisi itu dikeluarkan setelah Trump mengklaim polisi di London ‘khawatir nyawa mereka terancam’ karena sebagian masyarakat di kota raya itu menjadi begitu radikal.

“Kita memiliki beberapa daerah di London dan tempat-tempat lain yang begitu radikal sehingga polisi pun takut nyawa mereka terancam jika pergi ke sana,” kata Trump.

Walikota London, Boris Johnson kemarin mengatakan, komentar oleh pendahulu daftar calon Partai Republik itu menjadikannya tidak layak menduduki Gedung Putih.

Kebencian terhadap Trump melonjak setelah ia menuntut supaya orang Islam dilarang masuk AS.

Kebiadaban miliarder itu mendorong sebuah universitas Inggris membatalkan gelar kehormatan yang diberikan kepadanya pada 2010, sementara Ketua Menteri Skotlandia, Nicola Sturgeon pula memecat Trump sebagai duta bisnis ke Skotlandia.

Perdana Menteri Inggris David Cameron dan beberapa pemimpin lokal termasuk Jeremy Corbyn serta Johnson, bahkan kepolisian Scotland Yard turut mengecam Trump karena bermulut celupar.

Johnson dalam sebuah wawancara bersama saluran berita ITV News mengatakan, Trump berbicara benda yang karut dan mengejeknya dengan menambahkan: “Alasan utama saya tidak akan mengunjungi beberapa daerah di New York adalah karena ada risiko nyata untuk bertemu dengan Trump.”

Mengomentari tentang usul miliarder berusia 69 tahun itu untuk melarang orang Islam dari masuk ke AS, Walikota London itu mengatakan: “Saya pikir Trump sudah gila jika ia berpendapat cara itu wajar.

“Kamu tidak bisa melarang orang dari pergi ke AS atau ke mana-mana negara dengan cara tersebut.”

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time