HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Akhirnya Perempuan Arab Saudi Gunakan Hak Pilihnya

4

HARIANACEH.co.id, RIYADH – Arab Saudi melaksanakan pemilu daerah Sabtu 12 Desember hari ini. Untuk pertama kali, perempuan pun mulai diperbolehkan menggunakan hak pilihnya.

Selain menggunakan hak untuk memilih anggota parlemen daerah, perempuan Arab Saudi juga diperbolehkan untuk mencalonkan diri. Jumlah kandidatnya pun lumayan banyak.

Tercatat 978 perempuan diakui sebagai kandidat kepala daerah. Namun jumlah ini masih terlalu sedikit dibandingkan jumlah kandidat pria yang mencapai 5.938 orang.

Sementara cara berkampanye dari kandidat perempuan pun berbeda dengan kandidat pria. Mereka harus berbicara di balik sekat atau diwakili oleh seorang pria.

Hingga saat ini, tercatat sekitar 1390 ribu perempuan akan menggunakan hak pilihnya. Jumlah itu jauh di bawah pemilih pria yang mencapai 1,35 juta orang.

Terlepas dari jumlah yang berbeda jauh, perempuan di Arab Saudi merasa bersyukur dengan peluang ini.

“Rasanya lega sekali. Perubahan adalah kata yang terlalu besar, tetapi pemilu adalah cara untuk memastikan kami diwakili,” ujar seorang warga, Salma al-Rashed, seperti dikutip BBC, Sabtu (12/12/2015).

Pemilihan di Arab Saudi sendiri adalah barang langka. Pemilihan Sabtu ini merupakan yang ketiga kali dalam sejarah negara kaya minyak itu.

Dalam kurun waktu 40 tahun antara 1965 hingga 2005, tidak ada pemilihan umum yang berlangsung.

Untuk pemilu parlemen daerah ini ada 2.100 kursi yang diperebutkan. Sekitara 1.050 lainnya ditunjuk berdasarkan persetujuan Raja.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat