HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Keguguran Dapat Disebabkan Sering Minum Kopi atau Teh?

9

HARIANACEH.co.id – Kopi atau teh merupakan stimulator mental yang bagus, apalagi saat mengantuk atau pusing. Namun bagaimana bila wanita hamil mengonsumsi minuman ini?

Segala sesuatu yang wanita hamil konsumsi akan masuk ke darah janin melalui plasenta. Dinding tipis plasenta yang membatasi ibu dan bayi membantu menyediakan makanan dan nutrisi untuk bayi dan pada saat yang sama mencegah zat beracun memasuki darah bayi.

Meminum kopi dan teh pada dasarnya tidak berbahaya bagi wanita hamil, bila dengan takaran yang tepat. Berikut adalah kuantitas yang agar minuman ini tidak berbahaya bagi bayi.

Takaran yang pas

Anda tidak boleh minum lebih dari 200 mg kafein dalam sehari. Takaran ini sama dengan dua cangkir kopi instan atau secangkir kopi seduh. Minumlah bila Anda benar-benar menginginkannya. Menghindari kopi bagi wanita hamil adalah pilihan yang aman.

Takaran air yang pas

Hindari bubuk kopi halus, penyaring kopi, expresso, dan hal lain yang mengandung lebih banyak kafein. Minumlah kopi atau teh sebanyak 200 ml. Semakin banyak air yang anda minum, semakin banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh.

Efek minum berlebihan

Minum kopi atau teh yang berlebihan dari anjuran dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah berat badan bayi yang rendah. Hal ini dapat berdampak pada perkembangan kesehatan bayi ketika bertumbuh.

Teh lebih aman daripada kopi

Minum teh selama kehamilan dianggap lebih aman daripada minum kopi. Lebih disarankan meminum teh dicampur susu dan menghindari kopi hitam. Hindari juga teh hijau selama kehamilan karena mengandung kafein yang lebih banyak daripada jenis teh lain sehingga dapat memicu keguguran.

loading...