HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bulog Pastikan Pasokan Beras Aman Soal Banjir di Aceh

7

HARIANACEH.co.id, MEULABOH – Beberapa kabupaten di Provinsi Aceh dilanda banjir. Ribuan rumah terendam dan puluhan ribu jiwa mengungsi.

Perum Bulog Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, memastikan ketersediaan beras di gudang mencukupi untuk kebutuhan tanggap darurat korban banjir di wilayah pantai barat selatan Provinsi Aceh.

Kepala Subdivisi Regional Perum Bulog Meulaboh, Ardiman mengatakan, selama banjir melanda wilayah kerjanya, baru Kabupaten Aceh Barat yang mengambil beras sebanyak 34 ton.

“Kabupaten Nagan Raya rencananya baru hari ini mengambil, mungkin karena berbagai kendala selama banjir terjadi dua hari ini,” sebut Ardiman dikutip Antara, Minggu (13/12/2015).

Wilayah kerja Bulog Meulaboh mencakup Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, dan Nagan Raya. Ketiga kabupaten tersebut dilanda banjir luapan sungai, akibat tingginya intensitas curah hujan dalam beberapa hari terakhir serta dipicu air hantaran dari daerah hulu.

Di Kabupaten Aceh Barat, 12 kecamatan telah diterjang banjir dengan rendaman 1-2 meter. Tiga kecamatan di antaranya masih terisolir. Sementara, di Kabupaten Nagan Raya, ada delapan kecamatan terendam. Sedangkan di Kabupaten Aceh Jaya ada tujuh kecamatan terendam banjir. Puluhan ribu jiwa dilaporkan masih megungsi.

“Kami pastikan untuk stok beras aman, masyarakat tidak perlu khawatir. Kapan dibutuhkan langsung segera disalurkan. Kondisi gudang beras juga masih aman meskipun rendaman air sudah menggenangi jalan menuju Bulog,” sebutnya.

Lebih lanjut, Ardiman menyampaikan, lokasi kantor dan gudang Perum Bulog Meulaboh berada di dataran paling tinggi dibandingkan sejumlah kawasan lain di seputar Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Kawasan ini sudah mulai digenangi banjir. Seluruh petugas Perum Bulog saat ini bersiaga di kantor.

loading...