HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Diduga Kebakaran Masjid di California Ada Unsur Kesengajaan

5

HARIANACEH.co.id – Api melalap sebuah masjid di California, Amerika Serikat (AS). Pihak penyelidik saat ini tengah mencari tahu apakah kebakaran itu disengaja.

Api muncul dari bagian depan dari Islamic Society of Coachella Valley, sekitar pukul 12.00 siang. Setelah 35 menit, api yang melalap masjid berhasil diatasi.

“Kobaran api menyebabkan kerusakan pada gedung, tetapi tidak ada orang yang menjadi korban,” ujar pihak Sheriff Riverside, seperti dikutip Reuters, Sabtu (12/12/2015).

Pihak FBI Los Angeles saat ini tengah membantu penyelidikan dari kebakaran ini. Mereka mengkhawatirkan ada unsur kesengajaan dalam peristiwa tersebut.

“Kami merespons kejadian di masjid untuk membantu pihak berwenang lokal,” tutur Juru Bicara FBI, Laura Eimiller.

“Setiap ada kekhawatiran rumah ibadah menjadi target (serangan), kami akan memberikan respons dengan melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebabnya disengaja atau tidak,” imbuh Eimiller.

Sementara pihak media setempat KESQ melaporkan, masjid itu dilempari oleh bom api. Hingga kini tidak diketahui apa penyebab api merebak.

Namun juru bicara Departemen Pemadaman Kebakaran California mengatakan, tidak ada indikasi bahwa api dipicu secara sengaja. Ini bukan pertama kalinya masjid itu menjadi sasaran kejahatan, pada November 2014, tembakan diarahkan ke masjid dan polisi menyelidiki kasus itu sebagai kejahatan latar belakang kebencian.

Kebakaran ini terjadi sembilan hari setelah pasangan suami istri Muslim melakukan penembakan di San Bernardino. 14 orang tewas dalam kejadian tersebut dan memicu kekhawatiran adanya aksi kekerasan terhadap warga Muslim.

loading...