HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dilaporkan Pengusaha Terkaya di Tiongkok Satu Ini Hilang

4

HARIANACEH.co.id – Salah seorang pengusaha paling kaya di Tiongkok, Guo Guangchang, dilaporkan hilang sejak Kamis sore (10/12) waktu setempat.

Sejumlah laporan menyebutkan ia diciduk polisi di bandar udara di Shanghai tetapi tidak diketahui apakah ia diselidiki atau dimintai keterangan untuk membantu penyelidikan. Namanya dikaitkan dalam suatu kasus korupsi yang muncul Agustus lalu.

Perusahaan milik Guo, Fosun International, mengaku tidak bisa mengontaknya sejak Kamis sore. Pada Jumat ini (11/12/2015), perusahaan meminta bursa Hong Kong untuk menghentikan sementara perdagangan saham perusahaan.

Dalam daftar orang-orang kaya di Cina, Guo berada di urutan ke-17 dengan kekayaan bersih ditaksir mencapai US$5,6 miliar.
Guo, 48, turut mendirikan Fosun pada tahun 1990-an dan bergerak di sejumlah sektor bisnis, termasuk properti dan pertambangan.

Ia juga tercatat sebagai salah satu investor terbesar Cina di luar negeri. Ia menyebut diri sebagai murid dari investor sukses asal Amerika Serikat, Warren Buffet, dan ingin menjadikan Fosun sebagai perusahaan manajemen aset yang hebat.

loading...