HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Cara Mengenali Awal Anak Mengidap Autisme

2

HARIANACEH.co.id – Gangguan autisme hampir selalu muncul pada anak berusia antara 12 dan 18 bulan. Sayangnya, setengah dari orang tua di dunia tidak mengetahui gejala dini autisme pada anak.

Padahal, penanganan autisme lebih awal berpeluang mengedepankan keterampilan kognitif pada si anak di kemudian hari.

Dr Paul Wang, kepala riset medis untuk ilmu autisme dan advokasi organisasi Autism Speaks, menjelaskan ada lima tanda awal autisme yang perlu diketahui orang tua.

1. Tidak menanggapi saat dipanggil

Bayi yang sehat akan merespons ketika dipanggil oleh seseorang. Anak dengan gangguan autisme sekitar 20 persen tidak merespons panggilan. Anda perlu mengetahui ini dengan baik.

2. Tidak memperhatikan sekitar

BIasanya, bayi sehat akan memperhatikan sekitar dengan baik dan berbagi apa yang ditemuinya dengan orang lain. Seperti saat melihat pesawat, dia akan menoleh ke sana, lalu melihat ibunya. Anak autisme tidak melakukan hal tersebut. Pertanda lain, anak mengidap autisme akan kesulitan dalam mengartikan bahasa orang lain.

3. Tidak meniru perilaku orang lain

Biasanya bayi akan meniru gerakan orang lain, seperti bertepuk tangan, melambaikan tangan. Namun, bayi dengan autisme tidak melakukannya.

4. Tidak bermain dengan ‘normal’

Pada usia sekitar 2 atau 3 tahun, anak yang sehat sering bermain dengan boneka barbie atau mobilnya, dan berkomunikasi sendiri. Namun, anak dengan autisme punya imajinasi yang berbeda dalam memainkan obyek tersebut.

5. Tidak merespons secara emosional

Sementara bayi yang sehat sangat sensitif terhadap emosi orang lain, bayi dengan autisme cenderung tersenyum dalam menanggapi senyum lain, atau menangis ketika melihat anak lain menangis.

loading...