HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Komitmen Paris Agreement Akhirnya Disepakati 195 Negara

9

HARIANACEH.co.id, PARIS – Setelah molor satu hari dari jadwal akibat pedebatan panjang antar delegasi, KTT UNFCCC COP21 menghasilkan Paris Agreement. Sebanyak 195 negara pesertanya sepakat mengadopsi kesepakatan komitmen aksi bersama untuk mengendalikan dan mencegah semaksimal mungkin dampak perubahan iklim.

Kesepakatan tersebut dicapai pada Sabtu (12/12/2015) pukul 19.30 waktu Paris, Prancis. Adopsi Kesepakatan baru ini dipimpin Presiden COP21 UNFCCC, Laurent Fabius, dan disaksikan Sekjen PBB Ban Ki Moon, Presiden Perancis Francois Hollande dan mantan Wapres AS, Al Gore.

“Adopsi Paris Agreement ini merupakan peristiwa bersejarah bagi kemanusian. Enam tahun lalu di COP15 di Kopenhagen Denmark gagal mencapai kesepakatan komitmen bersama yang mengikat,” kata Laurent Fabius, dalam sidang di Le Bourget, Paris.

Dua ribuan anggota delegasi bertepuk tangan menyambut pidato pria yang juga menjabat sebagai Menlu Prancis itu. Berbagai pernyataan dari para pimpinan delegasi menunjukkan komitmen Paris Agreement merefleksikan solidaritas yang kuat antara negara maju dan negara berkembang untuk mengatasi perubahan iklim.

Semangat kompromi yang ditunjukkan para negoisiator negara maju dan berkembang mendapat apresiasi banyak pihak. Langkah ini penting dilakukan guna memperkuat aksi kolektif dan korektif dalam mengatasi perubahan iklim.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat