HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kulit Sering Memar, Inilah Alasannya

3

HARIANACEH.co.id – Pernahkah Anda mengalami memar tanpa sebab? Padahal, umumnya luka memar muncul akibat terjatuh atau bergesekkan dengan sesuatu sehingga menyebabkan cedera pada kulit.

Memar bukanlah hal yang serius. Namun, ada beberapa orang yang gampang terkena luka memar dengan mudah. Mungkin Anda bertanya-tanya apa alasannya? Ini dia jawabannya.

1. Diabetes

Memar bisa menjadi indikasi dari masalah diabetes. Sebab ada pendarahan kapiler internal akibat pembuluh darah, kulit dan saraf yang lemah. Dan orang dengan diabetes punya siklus darah yang tak seimbang.

2. Olahraga

Tanpa Anda sadari olahraga angkat berat dapat mengakibatkan memar. Latihan jenis ini menempatkan banyak tegangan pada otot-otot sehingga pembuluh darah kecil pecah dan menyebabkan memar.

3. Usia tua

Semakin tua usia seseorang maka produksi kolagen pada kulit dan lapisan lemak akan menurun. Setelah usia 60 tahun biasanya seseorang mudah memperoleh memar yang timbul pada kulit.

4. Gangguan darah

Dalam penyakit darah yang disebut hemofilia, darah tidak menggumpal mudah dan ada pendarahan berkepanjangan. Bahkan kontak fisik ringan dapat menyebabkan memar. Memar dijelaskan juga bisa menjadi indikasi dari kanker darah. Oleh karena itu, Anda harus segera berobat jika Anda sering memar.

5. Obat

Ada beberapa jenis obat yang bisa menimbulkan memar seperti aspirin, kontrasepsi, steroid dan sebagainya.

6. Purpura Dermatosis

Pada kondisi purpura dematosis, darah bocor berjalan keluar melalui kapiler kecil sehingga memunculkan ribuan memar ungu kecil. Pada kondisi yang parah dapat menyebabkan gatal-gatal. Kondisi ini dapat diobati dengan krim atau tabir surya yang diresepkan dokter.

loading...