HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pendidikan Adalah Kunci Pembangunan Masa Depan

6

HARIANACEH.co.id – Kunci pembangunan sebuah negara pada masa mendatang diprediksi bakal mengedepankan faktor pendidikan. Sumber daya manusia yang berkualitas pun dibutuhkan.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang mewakili Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di acara perayaan HUT ke-70 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyampaikan, pendidikan tidak lepas dari peran guru. Guru diibaratkan sebagai ujung tombak pendidikan.

“Kunci pembangunan mendatang adalah pendidikan. SDM yang berkualitas akan bertahan lama. Revolusi mental diperlukan untuk mendidik anak-anak Indonesia,” kata Puan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/12/2015).

Pendidikan dalam masa yang akan datang sangat dibutuhkan bangsa. Pasalnya, kompetisi dengan negara-negara di belahan dunia lain akan sangat ketat.

Untuk itu, ia berharap guru dapat meningkatkan kualitas individu peserta didik. Selain dari faktor pendidikan, perlu juga diperhatikan faktor lain seperti pembentukan karakter.

“Selain mentransfer ilmu, guru juga dituntut memberi pendidikan karakter. Guru harus jadi teladan yang baik untuk anak didiknya,” papar Puan.

Ia menambahkan, “Guru juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas dirinya sendiri. Meningkatkan kualitas, inovasi, skill dalam rangka menuntun langkah anak bangsa wujudkan impian bangsa dan negara,”

Dalam puncak perayaan HUT PGRI ke-70 itu, dipercaya ada sekitar ratusan ribu guru yang memadati stadion yang didirikan pada tahun 1960 tersebut. Mereka datang dari beberapa provinsi, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, DKI Jakarta, Papua Barat.

Hadir pula Ketua DPD RI Irman Gusman. Selain itu, Gubernur Banten Rano Karno, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta beberapa kelapa daerah lainnya juga tampak dalam acara tersebut.

loading...