HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Profesionalisme Guru Dituntut Menko Puan Maharani

10

HARIANACEH.co.id – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, perlunya sikap profesionalisme guru dalam dunia pendidikan. Tanpa itu, faktor pendidikan tidak akan berjalan.

Berbicara mewakili Presiden Joko Widodo di acara perayaan HUT ke-70 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Puan mengingatkan akan pentingnya profesionalisme guru. Guru juga disebut perlu mendapat pembinaan.

“Profesionalisme guru adalah faktor utama penentu kualitas pendidikan. Perlu ada pembinaan dan pengembangaan guru,” kata Puan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/12/2015).

Sikap profesionalisme dituntut karena profesi guru merupakan profesi yang penuah keahlian. Apalagi, tanggung jawab yang diemban guru cukup berat.

Menurut cucu dari Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno itu, guru memiliki tanggung jawab mencerdaskan anak bangsa sesuai dengan pembangunan nasional. Selain pendidikan umum, dibutuhkan pula pendidikan karakter, moral, dan akhlak.

“Tujuan utama pendidikan yakni pembentukan karakter anak bangsa. Guru adalah pendidik profesional. Pendidikan dari tingkat dasar sampai tinggi. Pendidikan formal, non formal. Guru harus dimaknai dalam arti luas,” ujarnya.

Guru juga tidak hanya bertugas mengajar di linkungan sekolah. Sebagai guru, mereka juga perlu memberikan pendidikan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

“Jadilah guru bagi linkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal. Untuk dapat wujudkan tersebut, fokus beri pelayanan pendidikan kepada peserta didik di manapun bertugas, termasuk di daerah-daerah terpencil,” tukasnya.

loading...