HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ternyata Dengkuran Saat Tidur Bisa Dikurangi dengan Bernyanyi

7

HARIANACEH.co.id – Sekitar 50 persen penduduk Amerika Serikat mendengkur saat tertidur. Gangguan ini tentu tak boleh disepelekan. Mendengkur menandakan peningkatan risiko stroke hingga masalah mulut.

Tidak hanya itu saja, penelitian menyebutkan mendengkur telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Kini, Anda sudah dapat meminimalkan timbulnya dengkuran saat tidur dengan beberapa tips berikut.

1. Jangan minum alkohol

Minuman beralkohol membuat Anda bernapas lebih keras sehingga menyebabkan mendengkur ketika tidur. Otot-otot di saluran pernapasan tidak mengalami relaksasi.

2. Jaga berat badan normal

Badan yang gemuk menyebabkan getaran dan pembengkakan di bagian tenggorokan. Sehingga Anda kesulitan bernapas melalui hidup dan memilih mulut untuk menghirup oksigen. Jika demikian, tak heran Anda tidur mendengkur. Menurunkan berat badan bisa mengatasi masalah ini.

3.  Jaga suhu kamar

Ruangan dengan suhu yang normal dapat membantu Anda bernapas melalui hidung saat tidur bukan mulut.

4. Bernyanyi

Para peneliti di University of Exeter di Inggris menemukan orang yang mendengkur secara signifikan mengalami penurunan setelah bernyanyi 20 menit selama tiga bulan. Sebab, menyanyi dapat mengencangkan otot lembek di saluran pernapasan atas yang berarti dapat mengurangi dengkuran.

5. Olahraga mulut

Mendengkur adalah hasil dari jaringan lunak dan otot yang membentuk saluran udara Anda bergetar. Dengan memperkuat jaringan dan otot tersebut lewat olahraga mulut seperti menggeser ujung lidah maju mundur atau mengarahkan mulut ke kiri dan kanan dapat mengurangi masalah mendengkur Anda.

loading...