HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dilaporkan Prajurit Arab Israel Telah Bergabung dengan ISIS

5

HARIANACEH.co.id – Seorang prajurit etnis Arab yang bertugas di militer Israel dilaporkan bergabung dengan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah.

“Ini pertama kalinya seorang prajurit di militer Israel bergabung dengan ISIS,” lapor agensi keamanan domestik Shin Bet, seperti dilansir AFP, Minggu (13/12/2015).

Shin Bet menambahkan pria itu adalah seorang Muslim dan berhasil masuk ke Suriah via Turki sekitar satu tahun lalu untuk bergabung dengan ISIS. Identitas pria tidak disebutkan, namun dia berasal dari sebuah desa Arab di area Galilee.

Menurut Shin Bet, sekitar 35 orang dari etnis Arab Israel telah bergabung ISIS. Beberapa dari mereka telah tewas dalam pertempuran di Suriah.

Pekan lalu, Israel menuntut lima Arab dari kota Nazareth atas keterlibatan dengan grup ekstremis. Dan bulan lalu, enam lainnya ditangkap atas kecurigaan hendak pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Arab Israel adalah keturunan Palestina yang tetap berada di Isreal sejak pertama kali didirikan pada 1948. Lebih dari 17 persen populasi Israel adalah Arab Israel.

Israel menerapkan wajib militer, termasuk untuk Druze Arab yang merupakan pecahan dari aliran Syiah. Namun Muslim Arab dan Kristen yang merupakan warga Israel dapat masuk militer secara sukarela.

loading...