HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Keamanan di Android Lebih Baik Ketimbang Apple

3

HARIANACEH.co.id – Firma keamanan Symantec melaporkan terjadinya peningkatan serangan terhadap perangkat bersistem OS X dan iOS selama 2015. Popularitas produk Apple yang semakin tinggi disebut sebagai alasan dibalik peningkatan serangan ini.

Selama sembilan bulan pertama tahun ini, Symantec mencatat terdapat 400.363 perangkat Mac bersistem OS X yang terinfeksi malware. Angka ini mencapai 1.900 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2014. Namun, selama setahun ini, jumlah serangan di Mac hanya mencapai 10 serangan, atau peningkatan 15 persen.

Untuk Android, Symantec berhasil mencatat sebanyak tujuh serangan baru selama 2015. Jumlah ini dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan tahun 2014, dan merupakan yang tertinggi sejak catatan tahun 2009.

Symantec mencatat 9.839 jenis malware pada tahun 2014. Pada tahun tersebut, Symantec menyebut sebanyak 17 persen aplikasi Android terinfeksi malware tanpa diketahui pengguna.

Dari 13 ancaman iOS yang terdeteksi Symantec, sembilan di antaranya hanya dapat menginfeksi perangkat yang telah jailbreak. Symantec berharap, temuan ini dapat mendorong Apple untuk lebih waspada dan meningkatkan keamanan perangkatnya.

loading...