HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Konflik Palestina-Israel Harus Diselesaikan Bersama

7

HARIANACEH.co.id – Dalam dua bulan terakhir, gelombang aksi kekerasan rutin di Yerusalem dan sekitarnya telah menewaskan 97 warga Palestina dan 19 Israel.

Israel menyebut 62 dari 97 warga Palestina yang tewas adalah pelaku penyerang. Sementara sisanya tewas dalam bentrokan kedua kubu.

Resident Coordinator United Nation untuk Indonesia, Douglas Broderick, menyampaikan kekhawatiran yang dilontarkan Sekretaris Jendral PBB Ban Ki Moon.

“Dibutuhkan kekuatan bersama dalam mengatasi hal ini, untuk menuju negosiasi pencarian solusi,” ujar Broderick dalam Konferensi Internasional ‘Question of Jerusalem’ di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Douglas juga menyampaikan, masalah kekerasan Israel dan Palestina tidak bisa diselesaikan satu pihak. “Ini konflik politik yang harus diselesaikan komunitas internasional,” kata dia.

Ia juga mengatakan, orang-orang harus mengetahui apa yang terjadi sebenarnya di Yerusalem dan sekitarnya. Aksi kekerasan tersebut telah melanggar aturan internasional.

“Kekerasan dan penyerangan terhadap masyarakat sipil adalah hal yang tidak bisa diterima. Kita harus melawan para ekstremis dan negara Islam lainnya juga harus turut membantu,” ujar Douglas.

Yerusalem adalah salah satu kota tertua di dunia yang sama-sama diklaim Israel dan Palestina sebagai ibu kota mereka. Masalah yang berlangsung hampir 100 tahun ini belum juga menemui titik temu. Israel dan Palestina masih belum bisa mencapai kata sepakat.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat