HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kenapa Sikat Gigi Biasa Tak Boleh Digunakan Pemakai Kawat Gigi?

3

HARIANACEH.co.id – Bagi pengguna kawat gigi atau biasa disebut behel, diperlukan ketelatenan khusus dalam merawat gigi. Bahkan untuk urusan menggosoknya, diperlukan sikat gigi khusus.

“Kami  menghimbau agar menggunakan sikat gigi khusus agar gigi lebih bersih dan gusi tidak mudah berdarah,” ujar drg. Dwi Anie Lestari, Sp. Ort dalam acara Formula Orthodontic Launcing di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Sikat gigi yang baik bagi pemakai behel adalah sikat yang menggunakan desain V-Cut sehingga bisa membantu membersihkan area antara gigi dan kawat gigi secara menyeluruh.

Selain itu, disarankan menggunakan benang gigi atau dental floss. Benang gigi membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tak terjangkau sikat gigi.

Tajamnya behel di gigi terkadang menyebabkan timbulnya sariawan akibat pergesekan antara mulut dan kawat gigi. Oleh karena itu, disarankan menggunakan lilin behel atau biasa disebut ortho wax.

“Jadi ada banyak atribut yang yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan gigi pada pasien ortho,” tambah pengurus Ikatan Ortodontis Indonesia (IKORTI) Komda Jaya tersebut.

Seseorang diperkenankan memakai kawat gigi setelah semua giginya sudah tetap, yaitu umur 11 hingga 12 tahun.

loading...