HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemkab Pidie Turun Sawah Bareng Perhiptani Aceh

15

HARIANACEH.co.id — Aksi turun sawah digelar Pemerintah Kabupaten Pidie bersama Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Aceh dan TNI di Gampong Masjid Bungie, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, Selasa (15/12/2015).

Turun bersama kesawah tersebut seiring dengan digelarnya penanaman padi system jajar legowo 2:1, oleh kelompok petani yang dibina langsung oleh Perhiptani Aceh.  Hadir langsung dalam acara tersebut, Wakil bupati Pidie, M. Iriawan, Aster Kodam IM, Kol. Inf.Terry Trisna Purnama, Dandim 0102 Pidie, Letkol Inf. Usik Samwa P, serta unsur  Muspida Pidie dan Dinas pertanian dan ketahanan pangan Aceh.

Wakil Bupati Pidie, M. Iriawan, kepada HARIANACEH.co.id, mengatakan bahwa Pidie merupakan salah satu daerah penghasil padi terbesar di Aceh, oleh karena itu semangat dan antusias petani dalam mengadopsi perkembangan teknologi tanaman padi terus dikembangkan, Pemkab Pidie tentunya harus mendukung semangat tersebut demi menjaga ketahanan pangan Indonesia dan perekonomian petani di Pidie.

“Pidie adalah Surplus pangan, tentunya harus dipertahankan, salah satunya dengan mengembangkan model tanam atau perkembangan pola tanam untuk meningkatkan padi yang lebih banyak, sehingga petani lebih makmur,” katanya.

Bertambahnya penduduk menjadi masalah baru bagi petani, dimana lahan pertanian dikonveksi menjadi pemukiman, tetapi dengan adanya perkembangan metode dan majunya teknologi pertanian, ketahanan pangan kita masih bisa dipertahankan, “Pidie akan tetap mengembangkan metode demi ketahanan pangan di Daerahnya khususnya.” ungkap M. Iriawan.

Dia juga mengharapkan dengan adanya padi Legowo 2:1 serta bantuan TNI, dapat menghasilkan padi yang melimpah tentunya harus adanya kerja sama antara unsure TNI, Pemkab, Pemerintah Aceh dan masyarakat, harapnya. (HAI/Said)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat