HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

AS akan Pertahankan Presiden Suriah Setelah Sepakat dengan Rusia

11

HARIANACEH.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menerima permohonan Rusia, bahwa nasib Bashar al-Assad sebagai Presiden Suriah harus ditentukan oleh rakyatnya sendiri.

“AS dan rekan-rekan kami tidak akan mendorong terjadinya perubahan rezim,” tutur Kerry kepada awak media di Moskow, setelah dirinya bertemu Presiden Vladimir Putin, seperti dikutip Associated Press, Selasa (15/12/2015).

Kerry menegaskan posisi AS bahwa Assad, yang dituding dunia Barat telah melakukan sejumlah pelanggaran kemanusiaan, tidak akan mampu membawa Suriah keluar dari konflik yang sudah berlangsung lebih empat tahun.

Namun setelah berdiskusi dengan pendukung Assad, Kerry mengatakan fokus saat ini adalah “bukan atas berbagai perbedaan atas apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan terhadap Assad, tapi memfasilitasi proses perdamaian di mana warga Suriah akan membuat keputusan atas masa depan negaranya.”

Deklarasi Kerry mengkristalisasikan evolusi dari kebijakan AS terhadap Assad dalam beberapa bulan terakhir, seiring menguatnya pengaruh kelompok militan Islamic State (ISIS) di Timur Tengah.

Presiden AS Barack Obama pertama kali meminta Assad mundur pada musim panas 2011.

Sementara Rusia bersikukuh tidak ada satu pun negara asing yang dapat meminta Assad mundur, dan warga Suriah harus menentukan nasib pemimpinnya sendiri.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat