HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ekosistem Indonesia Dilindungi USAID dari Dampak Perubahan Iklim

6

HARIANACEH.co.id – Perubahan iklim global turut memengaruhi kondisi lingkungan hidup di Indonesia. Salah satu dampak perubahan iklim yang dirasakan Indonesia belum lama ini adalah kemarau panjang.

Sejumlah wilayah di Indonesia sempat kekurangan air bersih di tengah kemarau. Kondisi kering ini juga turut berkontribusi terhadap musibah kebakaran hutan yang memicu kabut asap tebal hingga ke negara tetangga.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau USAID berusaha membantu Indonesia dalam menangani dan mengantisipasi anomali perubahan iklim global.

“Kita di sini untuk menolong (mengatasi dampak) perubahan iklim di Indonesia, melindungi ekosistem Indonesia dan meningkatkan produksi air bersih di Indonesia,” ungkap Duta Besar AS Robert Blake di kediamannya di Menteng, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Menurut Blake, program terbaru ini adalah program lingkungan hidup terbesar yang dilakukan USAID di Indonesia. “Sebab Indonesia unik. Banyak potensi lahan dan lingkungan yang harus dijaga,” lanjut dia.

USAID menganggarkan USD250 juta atau Rp3,5 triliun dalam program perlindungan lingkungan hidup di Indonesia untuk lima tahun ke depan.

Salah satu sektor yang menjadi sorotan dalam program USAID ini adalah ketahanan bencana di Tanah Air.

Seperti negara lain, Indonesia juga rentan terkena bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu di tengah perubahan iklim dan pemanasan global.

Program USAID untuk Indonesia ini meliputi beragam sektor, seperti kehutanan dan penggunaan lahan, manajemen kelautan dan perikanan, pelayanan air dan sanitasi, energi bersih serta adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time